Tata Naskah BATAN

Salah satu misi BSDMO adalah melaksanakan pengelolaan dan penyajian data dan informasi SDM BATAN secara cepat, tepat, akurat dan pemanfaatannya secara optimal

Penerimaan CPNS 2019

Penerimaan CPNS 2019

BATAN berhasil mendapatkan CPNS sebanyak 173 pegawai pada tahun 2019

Team Building Tahun 2019

Team Building Tahun 2019

BSDMO BATAN melaksanakan Team Building sebagai salah satu cara untuk memperat kerjasama dan kebersamaan dalam organisasi

(Tangsel, 11/11/2020) Dua peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), yakni Paston Sidauruk dan Pande Made Udiyani dikukuhkan sebagai profesor riset oleh Majelis Pengukuhan Profesor Riset di Auditorium Gedung 71, Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (12/11). Pengukuhan ini menambah jumlah profesor riset di BATAN yang masih aktif menjadi 21 orang.

Paston Sidauruk dikukuhkan sebagai profesor riset bidang ekohidrologi dan Pande Made Udiyani sebagai profesor riset bidang keselamatan radiasi reaktor nuklir. Saat ini Paston aktif di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), sedangkan Pande Made Udiyani aktif di Pusat Teknologi Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN).

Dalam pengukuhan ini, paston menyampaikan orasi dengan judul Teknik Isotop Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air dan Bangunan Air. Menurut Paston, judul ini sangat relevan dengan kondisi Indonesia yang masuk ke dalam 10 negara dengan sumber data air terbesar yakni 3,9 triliun M3/tahun, namun karena keterbatasan sarana dan prasarana maka yang termanfaatkan hanya 17,7%. "Distribusi sumber daya air yang tidak merata dan tidak proporsional membuat kekurangan air masih terjadi khususnya di musim kemarau," kata Paston.

(Jakarta, 03/09/2020). Setelah sempat tertunda akibat pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), kini para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Formasi Tahun 2019 dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan Computer Assisted Test  (CAT), yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes berlangsung di BKN Pusat dan Kantor Regional/UPT BKN dengan menerapkan protokol kesehatan.

Koordinator Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BATAN, Sony Emanuel, mengatakan, adanya pandemi COVID-19 membawa perubahan dalam seleksi penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019.

“Penerimaan CPNS 2018 sebelum ada pandemi dulu, pada saat SKB dipusatkan  di BKN Pusat, Cililitan, Jakarta Timur, dan wawancara dilaksanakan di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta. Sedangkan penerimaan CPNS 2019, setiap peserta tes boleh memilih lokasi SKB di Kantor Regional atau UPT BKN di seluruh Indonesia di 34 titik lokasi,” jelas Sony.

(Jakarta, 17/03/2020) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sejak Senin (16/03) menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) hingga 31 Maret 2020 mendatang. Kebijakan ini dituangkan dalam Surat Edaran Sekretaris Utama Nomor 4 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di lingkungan BATAN.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) terkait dengan pencegahan penyebaran COVID-19. “Pada hakikatnya arahan Menpan RB tersebut adalah untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus corona. Oleh karena itu, dimungkinkan menugaskan pegawai untuk bekerja di rumah,” kata Anhar.

(Jakarta, 03/02/2020). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) saat ini tengah melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019. Setelah melalui seleksi administrasi, para pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pelamar yang dinyatakan diterima sebagai CPNS BATAN nantinya diharapkan tidak hanya mampu bekerja secara individu, namun mampu berkolaborasi.

“Untuk itulah, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga cerdas secara emosional, dan sosial,” ungkap Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BATAN, Sudi Ariyanto, saat ditemui di sela-sela pelaksanaan SKD CPNS BATAN, di Kantor Regional V, Badan Kepegawaian Negara, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (03/02).

(Jakarta, 03/02/2020). Hasil seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Tahun Anggaran 2019 telah diumumkan pada Desember 2019 lalu. Tercatat, 3.566 pelamar yang mendaftar secara online, dan yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 2.278 pelamar. Tahap selanjutnya, pelamar mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di 3 kota, yakni di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta.