Slide item 5
Slide item 1

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

Slide item 6

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Januari 2020 : 3,38

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Januari 2020 : 13,79

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Januari 2019 : 2

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

(Serpong, 27/02/2020) Semenjak kejadian pertama kali ditemukannya sumber zat radioaktif (ZRA) di perumahan Batan Indah oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui satuan kerja Pusat Teknologi Libah Radioaktif (PTLR) telah mengambil tindakan untuk melakukan pencarian sumber ZRA dan melakukan clean up pada daerah yang terkontaminasi. Kegiatan clean up adalah upaya pembersihan suatu area yang telah terkontaminasi ZRA untuk dapat kembali lagi seperti sedia kala (paparan latar).

(Serpong, 26/02/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah melakukan serangkaian tahap seleksi untuk menjaring petugas forntdesk pelayanan informasi PRSG-BATAN. Tahapan telah dilakukan mulai dari pembukaan penerimaan calon petugas forntdesk yang dilaksanakan pada tanggal 5-7 Febuari 2020 hingga tanggal 24 Febuari 2020 untuk melaksanakan tahapan wawancara ke II. Dari serangkaian tahapan seleksi tersebut, telah didapatkan pilihan yang terbaik dari yang terbaik.

(Serpong, 20/02/2020) Seleksi terkait wawancara dan tes kepribadian untuk petugas layanan informasi publik Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah selesai dilaksanakan pada tanggal (18/02). Seleksi  tersebut diikuti 19 pelamar yang telah lolos seleksi administrasi yang telah di tetapkan. Berdasarkan hasil seleksi tersebut oleh Tim Seleksi Pegawai Outsourching Petugas Pelayanan Informasi PRSG tahun 2020, telah terjaring kembali 5 pelamar yang memenuhi kriteria di PRSG, mereka tersebut ialah:

(Serpong, 11/02/2020) Sebanyak lima delegasi dari Bangladesh Atomic Energy Commission (BAEC) yang terdiri dari Engr. Mohammad Mezbah Uddin selaku Chief Engineer and Project Director, Dr. Md. Abdul Malek Soner selaku Chief Scientific Officer and Director of Center for Research Reactor BAEC, Mr. Zahidul Islam selaku Senior Assistant Chief, Ar. Mst. Rakiba Parven selaku Senior Architect serta Engr. Md. Ohedul Islam selaku Senior Engineer melakukan scientific visit ke Kawasan Nuklir Serpong. Scientific visit dilakukan selama enam hari mulai dari (3/2) sampai (10/2) dengan fokus kunjungan pada Reaktor Serbaguna G.A. Siwabessy (RSG-GAS). Scientific visit ini dilakukan dalam rangkaian proyek “Technical Study Project to Establish High Power Research Reactor in Bangladesh” yang saat ini sedang dikerjakan oleh Bangladesh Atomic Energy Commission (BAEC). Scientific visit diawali dengan pembukaan oleh Dr. Hendig Winarno selaku deputi PTN yang dilanjutkan dengan rangkaian presentasi yang dipaparkan oleh beberapa ahli dari Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG).




Visitor Counter

Flag Counter