Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN
Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN, April 2018.

Internal Audit PSMN

PSMN sedang melakukan kegiatan audit internal.

Audit Arsiparis

Audit Arsiparis yang dilakukan oleh Internal BATAN

In House Training Sertifikasi Produk ISO 17065, Tahun 2018

diklat Sertifikasi Produk ISO 17065:2012 di PSMN BATAN, Maret 2018

Komtek 67-05 Bidang Pangan Iradiasi

3. Penyelenggaraan Komisi Teknis 67-05 Bidang Pangan Iradiasi

Penetapan Sertifikasi SM Keamanan PSTA BATAN - 8 Juni 2018

Penetapan Sertifikasi SM Keamanan PSTA BATAN - 8 Juni 2018

Demo Alat Computed Radiography di PSMN

Pengenalan produk Computed Radiography (CR) di PSMN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Etiam diam magna; porta sed gravida vel, molestie non lacus. Donec laoreet est vitae enim hendrerit egestas.

merujuk pada Protokol Kesehatan Pemerintah RI tentang virus COVID-19, dan berdasarkan Surat Edaran Sekretari Utama BATAn No. 3 Tahun 2020, maka dengan ini LSP BATAN menunda sementara kegiatan Sertifikasi Radiografi untuk level 1 dan 2 yang bersifat tatap muka atau berkumpul demin mendukung kebijakan pemerintah tentang PSBB.


Adapun layanan LSP BATAN yang masih dibuka adalah kegiatan sertifikasi perpanjangan.

Merujuk pada Protokol Kesehatan Pemerintah Republik Indonesia tentang Virus COVID-19, penetapan pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang menjadikan status wabah virus COVID-19 sebagai bencana non-alam, dan surat edaran Sekretaris Utama BATAN No. 3 Tahun 2020, dengan ini kami beritahukan bahwa kegiatan sertifikasi personil pada bulan Maret dan Sertifikasi Radiografi yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 April mengalami penundaan sampai waktu yang belum ditentukan.
Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

(Tangerang Selatan, 11 Desember 2019) Public Hearing Standar Iptek Nuklir diselenggarakan di Ruang Auditorium Gedung 71 Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan BANTEN. Tujuan public hearing yang diselenggarakan adalah memberikan gambaran umum mengenai standardisasi standar iptek nuklir, daftar-daftar standar nasional indonesia (SNI) dan Standar BATAN (SB) serta meminta masukan/saran terkait pengembangan standar yang nantinya bermanfaat dan mampu terap di masyarakat. Peserta Public Hearing di dominasi oleh unit kerja teknis seperti PTKMR, PAIR, PTLR, PRSG, PSTBM, PRFN, PPIKSN, PTBBN, dan PSMN. 

Gambar 1 - Peserta Public Hearing

Penyelenggaraan dibuka oleh Kepala PSMN yaitu Bapak Budi Santoso dilanjutkan dengan pemaparan standardisasi iptek nuklir (pengembangan standar, penerapan standar, akreditasi dan sertifikasi) oleh Bidang Pengembangan Standar, dilanjutkan dengan melihat dan menelusuri standar yang telah dirumuskan di Badan Tenaga Nuklir Nasional baik SNI maupun SB. Setelah sesi pemaparan selesai, dilanjutkan sesi diskusi baik secara langsung maupun online. Pertanyaan, komentar dan masukan yang dilontarkan peserta sangat dibutuhkan untuk peningkatan terkait perkembangan standar dan penerapan standar, baik dari standar terkait laboratorium, personel, sumber terbungkus, standard and code, logam tanah jarang, SPRL, limbah, pangan, uji tak rusak dan standar PLTN.

Pada Penyelenggaraan public hearing, juga ditampilkan standar-standar yang dihasilkan di tahun 2019, baik SNI maupun SB, dengan metode perumusan adopsi dan pengembangan sendiri (litbang). Terdapat 13 Rancangan SNI dan 7 Standar BATAN. Semua peserta di siapkan bahan presentasi dan daftar seluruh Standar Nuklir (SNI + SB) yang dapat di unduh. 

Gambar 2 - Pemaparan materi public hearing

(Jakarta, 22/11/2019) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menjadi satu-satunya Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang menerima penghargaan di ajang SNI Award 2019 yang digelar oleh Badan Standardisasi Nasional di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (20/11). Kali ini BATAN menerima penghargaan SNI Award Peringkat Perunggu yang artinya sebagai lembaga yang telah menerapkan SNI selama 1 tahun.

Kepala Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir, BATAN, Budi Santoso mengatakan, ini merupakan pertama kalinya BATAN mengikuti ajang SNI Award. Keikutsertaan ini menunjukkan bahwa BATAN sebagai lembaga pemerintah yang mengoperasikan fasilitas nuklir telah melaksanakan kegiatannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Keikutsertaan BATAN didorong oleh keinginan untuk benchmarking dengan organisasi lain. Selain itu juga untuk menunjukkan bahwa lembaga Negara yang berkonotasi PNS juga dapat menyelenggarakan organisasi secara modern dan sesuai standar internacional," ujar Budi.

(Serpong, 4-5/11/2019) - PSMN bekerja sama dengan AN Training & Consulting mengadakan pelatihan internal audit laboratorium sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017 selama dua hari pada tanggal 4 dan 5 November 2019. Peserta pelatihan terdiri dari beberapa unit kerja BATAN diantaranya Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir, Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka, serta Pusat Standardisasi danMutu Nuklir dengan total peserta sebanyak 20 orang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman auditor dalam melaksanakan audit internal laboratorium sesuai pedoman ISO/IEC 17025:2017 mulai dari penjadwalan, pelaksanaan, hingga pelaporan hasil audit. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan performa laboratorium yang ada di BATAN.