Slide Persepsi Korupsi
Slide WBK WBBM
Slide item 2
Slide item 1

Pelaksanaan pelayanan oleh PTKMR kepada pelanggan dilakukan berdasarkan Standar Pelayanan yang berlaku di PTKMR yang ditetapkan oleh Kepala PTKMR dengan memperhatikan Peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Slide item 6

PTKMR menyatakan "STOP" dan "TIDAK" untuk GRATIFIKASI, SUAP, dan KORUPSI.


(Jakarta, 11/11/2020). Menurut data United Nations Scientific Committee on the Effects of Atomic Radiation (UNSCEAR) tentang paparan radiasi global, 80% paparan radiasi di seluruh dunia berasal dari radiasi alam. Sedangkan sisanya, 20% didominasi oleh paparan buatan. Namun, paparan buatan ini didominasi oleh paparan radiasi dalam dunia kedokteran.

Begitu pula di Indonesia, berdasarkan data perizinan pemanfaatan radiasi milik Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), 50% dari pemanfaatan izin yang ada dimiliki oleh pengguna izin di bidang medis. Hal ini memperlihatkan bahwa paparan medis merupakan paparan yang signifikan menyumbang peran dalam paparan radiasi global. Hal ini disampaikan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan pada International Conference and School on Physics in Medicine and Biosystems (ICSPMB) 2020, melalui Konferensi Video Zoom, Jumat (06/11).

(Jakarta, 05/11/2020). Delegasi Indonesia menghadiri pelaksanaan Sidang ke-67 United Nations Scientific Committee on the Effects of Atomic Radiation (UNSCEAR) yang dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 6 November 2020. Sidang tahunan ke-67 UNSCEAR ini diselenggarakan secara virtual dengan dikoordinasikan oleh Sekretariat UNSCEAR di Wina, Austria, setelah sebelumnya mengalami penundaan dari agenda semula pada tanggal 13-17 Juli 2020 dengan pertimbangan keselamatan para delegasi negara anggota UNSCEAR selama pandemi COVID-19. Sidang tahunan ke-67 UNSCEAR dihadiri oleh lebih dari 132 peserta yang berasal dari 21 negara anggota dan organisasi internasional.

(Jakarta, Selasa, 27/10/2020) Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) menerima penghargaan berupa anugerah BAPETEN tahun 2020 untuk kategori lembaga uji kesesuaian terbaik dalam acara Anugerah BAPETEN 2020. Acara ini diselenggarakan oleh BAPETEN di Ruang Auditorium Gedung B Lantai 8 Kantor BAPETEN Jl. Gadjah Mada No.8, Jakarta Pusat, Selain dilaksanakan secara offline acara ini juga digelar secara online melalui aplikasi zoom. 

(Jakarta, 14/10/2020) Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tetap membuka layanan jasanya kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini disampaikan Plt. Kepala PTKMR, Heru Prasetyo pada acara temu pelanggan PTKMR secara daring, Rabu (14/10).

Heru Prasetyo mengatakan, kegiatan temu pelanggan ini digelar secara rutin minimal sekali dalam setahun, namun kali ini dikemas berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, di tengah pandemi covid-19 ini tidak memungkinkan melakukan pertemuan secara on-site maka kali ini diadakan secara daring.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama temu pelanggan yang diselenggarakan secara daring, dan ini menjadi pelajaran bagi kita semua kedepan dalam melakukan pertemuan tidak secara fisik,” kata Heru.

Namun demikian ujar Heru, temu pelanggan secara daring ini diharapkan tidak membatasi para pelanggan untuk menyampaikan saran dan masukan guna meningkatkan layanan di PTKMR. Melalui temu pelanggan ini, selain dijadikan sebagai ajang silaturahmi antara penyedia layanan dengan pelanggannya, juga sebagai ajang mengevaluasi layanan yang selama ini diberikan oleh PTKMR.

(Jakarta, 08/10/2020). Di Indonesia, pemanfaatan radiasi pengion di rumah sakit terus meningkat. Selain sinar-X untuk radiologi diagnostik yang bahkan telah digunakan sampai ke puskesmas dan klinik, akselerator linier (LINAC) untuk terapi juga telah makin banyak digunakan di berbagai rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Peningkatan pemanfaatan radiasi pengion ini juga dapat memperbesar risiko peningkatan penerimaan dosis radiasi baik oleh pasien maupun pekerja radiasinya, termasuk dokter, perawat dan radiografer, sehingga upaya proteksi harus terus - menerus ditingkatkan. Tindakan untuk melindungi pasien dan pekerja tersebut dilaksanakan melalui suatu kegiatan yang disebut sebagai proteksi radiasi.