Slide item 1

Faktor keselamatan terhadap para pekerjanya selalu menjadi prioritas utama sehingga setiap pekerja wajib menggunakan dosimeter film atau dosimeter termoluminisensi (TLD) saat bertugas

Slide item 2

Faktor manusia serta budaya keamanan adalah faktor yang sangat penting dalam menjamin keamanan di fasilitas tersebut dan keselamatan personil itu sendiri.

Slide item 3

Faktor keselamatan lingkungan dan daerah kerja juga tak luput menjadi fokus penelitian di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi.

Slide item 4

Faktor keselamatan lingkungan dan daerah kerja juga tak luput menjadi fokus penelitian di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi.

Slide item 5

PTKMR berupaya untuk meningkatkan pelayanan dengan mengadakan Temu Pelanggan setiap tahunnya.

Manado (30/07/2019). Bertempat di aula Gedung Pusat Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Terpadu (CVBC) RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou, Manado, pada tanggal 30 Juli 2019 telah diadakan Forum Diskusi Proteksi Radiasi Di Bidang Medik. Dalam sambutannya, dr. Celestinus Eigya Munthe, SpKJ, M.Kes, selaku Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou, menyambut gembira atas pelaksanaan Forum Diskusi ini.

Dikatakannya bahwa pelaksanaan Forum Diskusi ini sangat penting karena dunia kedokteran di Sulawesi Utara sudah lama memanfaatkan radiasi namun baru 10 tahun terakhir ini saja dampak dari radiasi mulai diperhatikan. Pelaksanaan Forum Diskusi ini juga dilaksanakan tidak lama setelah RSUP Prof.Dr. R.D. Kandou menerima tim surveyor dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dalam kerangka survei akreditasi SNARS Edisi 1 Internasional, sehingga materi yang diperoleh diharapkan akan dapat membantu dalam proses memperoleh akreditasi SNARS.
Selain membahas perkembangan isu proteksi radiasi di bidang medik, perkembangan dan kegiatan organisasi petugas proteksi radiasi di RSUP Prof. Dr. R.D.Kandou, dan perkembangan pengetahuan mengenai efek radiasi pada kesehatan manusia, Forum Diskusi juga mensosialisasikan keterlibatan Indonesia dalam forum internasional UNSCEAR (United Nations Scientific Committee on the Effects of Atomic Radiation). Selain itu juga diuraikan mengenai layanan dalam bidang keselamatan dan metrologi radiasi yang dilakukan oleh PTKMR BATAN dalam kerangka PNBP.
Forum Diskusi dibuka secara resmi oleh Kepala PTKMR yang mewakili Deputi Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir BATAN.  Kepala PTKMR antara lain menyatakan bahwa sebagai lembaga pemerintah yang diberi tugas sebagai badan pelaksana di bidang ketenaganukliran, BATAN wajib memberikan pembinaan secara menyeluruh mengenai berbagai aspek dalam ketenaganukliran ke tengah masyarakat, termasuk dalam bidang proteksi dan keselamatan radiasi. Untuk ini PTKMR BATAN juga siap memberikan bantuan teknis dan konsultasi terkait dengan aspek keselamatan dan proteksi radiasi dari aplikasi radiasi di bidang medik
Sekitar 40 orang peserta menghadiri Forum Diskusi ini, dan datang dari berbagai rumah sakit dan klinik yang berada di kota Manado dan sekitarnya. Forum Diskusi berjalan dengan cukup interaktif dengan banyaknya tanya jawab dan diskusi yang terjadi antara peserta dengan narasumber yang berasal dari PTKMR dan RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou. (EH).