RDE atau Reaktor Daya Eksperimental
Pilihan Teknologi RDE
Roadmap Pembangunan RDE
Lokasi RDE
RDE

Batan.go.id, Serpong – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bertekad untuk dapat mewujudkan pembangunan Reaktor Daya Eksperimental (RDE). RDE adalah program pembangunan sebagai hasil komunikasi panjang antara BATAN, BAPPENAS, dan Kementerian Keuangan. Demikian dikatakan Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) Heru Umbara saat membuka Sosialisasi Reaktor Daya Eksperimental (RDE), Kamis (04/05/2015).

“Tujuan umum pembangunan RDE adalah sebagai hilirisasi litbang di sektor energi untuk memenuhi amanat UU No. 17 Tahun 2007,” ujar Heru Umbara.

Sedangkan tujuan utamanya, lanjut Heru Umbara, pembangunan RDE adalah untuk mendemontrasikan PLTN kecil beroperasi aman dengan keselamatan melekat dan pasif. Selain itu, juga bertujuan agar terselenggaranya program (litbang) terpadu energi baru dan terbatukan (EBT) serta meningkatkan penguasaan teknologi PLTN generasi maju, baik dalam segi desain, konstruksi, operasi, dan perawatan.

Rencana pembangunan RDE ini juga sudah menjadi obyek diskusi dalam pertemuan tiga Menteri Kabinet Kerja pada Desember 2014 yang lalu. Menteri Ristek dan Dikti, Menteri ESDM, Menteri PPN/Kepala Bappenas sangat mendukung program RDE dan PLTN di Indonesia, bahkan harus dipercepat. Ketiga Menteri menyarankan agar BATAN dan BAPETEN bisa merembug waktu untuk terealisasinya program RDE.

Pembangunan RDE diharapkan sekaligus untuk penyiapan SDM dalam meningkatkan penguasaan manajemen proyek pembangunan PLTN komersial untuk mendukung kedaulatan energi masa depan.

Kegiatan sosialisasi RDE ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Kepala BATAN dengan melakukan kunjungan ke Kepala/Ketua LPNK di bawah koordinasi Kementerian Ristek dan Dikti dalam rangka pembangunan RDE yang direncanakan akan dibangun di Kawasan Puspiptek Serpong.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para personil Humas LPNK, Humas Pemerintah Daerah di sekitar Kawasan Puspiptek, Humas BSD City, dan para wartawan dari media lokal. Sebelum melakukan kunjungan ke Reaktor Serba Guna (RSG) GA Siwabessy, para peserta terlebih dahulu mendapatkan pemaparan dari dua orang narasumber yang masing-masing menjelaskan tentang Profil BATAN dan Reaktor Daya Eksperimental (RDE). (arial)