RDE atau Reaktor Daya Eksperimental
Pilihan Teknologi RDE
Roadmap Pembangunan RDE
Lokasi RDE
RDE

Batan.go.id - Serpong (30/07/2015). Bertempat di Gedung 71 Kawasan Nuklir Serpong,  kegiatan sosialisasi rencana pembangunan RDE dan fasilitas penunjang dihadiri oleh 41 warga dari 6 desa di Kabupaten Bogor yang berada di sekitar calon tapak pembangunan RDE.  Peserta yang hadir terdiri dari Aparatur Pemerintah dan perwakilan warga desa, antara lain Desa Padurenan, Desa Cibinong, Desa Jampang, Desa Cibogo, Desa Rawa Kalong dan Desa Taman Sari Kabupaten Bogor. 

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk mensosialisasikan rencana pengembangan infrastruktur fisik Kawasan Nuklir Serpong dalam rangka konsultasi publik sesuai dengan Permen LH No. 17/2012 serta  meningkatkan  pengetahuan masyarakat sekitar Kawasan Nuklir Serpong dan memberikan informasi perkembangan terkini penelitian BATAN sesuai dengan II KIP No. 14/2007.

Pada kegiatan sosialisasi RDE ini hadir sebagai narasumber Ir. Ferly Hermana Kepala Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) mewakili Deputi Bidang Pemanfaatan Teknologi Nuklir - BATAN. Dalam sambutannya ia  mengatakan bahwa kegiatan sosialisai ini dalam rangka untuk mensosialisasikan tentang masterplan Puspiptek sampai tahun 2025.

"Dari hasil survey kami bahwa kesan masyarakat terhadap nuklir itu masih sesuatu yang menakutkan, padahal sebetulnya manfaatnya banyak sekali yaitu salah satunya pemanfaatan di bidang pertanian. Ada beberapa kegiatan yang langsung menyentuh kepada masyarakat tapi masyarakat awam tidak banyak yang tahu tentang aplikasi iptek nuklir seperti bidang pertanian, peternakan dan kesehatan", demikian menurut Ferly.

Pada rangkaian kegiatan sosialisasi RDE ini peserta diajak untuk mengikuti pemaparan, diskusi, kunjungan ke Reaktor Nuklir GA Siwabessy dan kunjungan ke sitemap calon tapak RDE yang berlokasi masih di kawasan Puspiptek.

Hasil dari pertemuan ini diantaranya ; para peserta meminta agar informasi akan manfaat penelitian nuklir bidang non energi dapat dimanfaatkan di wilayah mereka. Peserta juga meminta agar difasilitasi kegiatan sosialisasi lebih lanjut kepada warga melalui berbagai kegiatan masyarakat seperti pertemuan warga, media radio dan juga kunjungan siswa sekolah. Selain itu pada pertemuan ini dipilih perwakilan warga dari 6 desa secara musyawarah untuk menjadi komunikator informasi, dari warga dengan Tim Amdal Pembangunan RDE dan Fasilitas Pendukung .

Diakhir acara, penandatangan Berita Acara kegiatan sosialisasi Rencana Pembangunan RDE oleh peserta sebagai perwakilan dari beberapa desa. Penandatanganan ini dilaksanakan sebagai bukti kehadiran peserta dari kegiatan sosialisasi ini. Diharapkan dari kegiatan sosialisasi ini masyarakat dapat memahami rencana pembangunan RDE tersebut karena pentingnya bagi kemajuan pengembangan teknologi nuklir di Indonesia. (Trisni – PDK)