Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Putra-putri Indonesia Mampu Mengoperasikan PLTN

Sebenarnya Indonesia sudah mengoperasikan tiga unit reaktor nuklir untuk keperluan penelitian serta beberapa fasilitas nuklir yang meliputi fabrikasi elemen bakar.

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Ratusan Generasi Muda Nuklir 7 Negara Ikuti NYS 2014

Jakarta (22/11/14); Sebanyak 142 generasi muda nuklir yang berasal dari 7 negara mengikuti Nuclear Youth Summit (NYS) 2014. 24 peserta berasal dari Australia, Vietnam, Thailand, Philipina, Malaysia dan Bangladesh, sementara 118 peserta

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Temui JK, Utusan Rusia Ingin Bangun Pembangkit Listrik Nuklir di Batam

Jakarta -Hari ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia Valentina Matviyenko. Sejumlah rencana kerjasama ekonomi dibicarakan

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul Pada Nyamuk

Teknik Serangga Mandul (TSM) merupakan suatu cara pengendalian vektor yang ramah lingkungan, efektif, dan potensial.

PDK mempunyai peranan strategis dalam memasyarakatkan hasil penelitian pengembangan dan penerapan (litbangrap) iptek nuklir diseluruh wilayah Indonesia melalui kegiatan diseminasi, promosi, dan kemitraan iptek nuklir. Peranan tersebut merupakan ujung tombak dari totalitas kegiatan agar BATAN lebih dikenal oleh masyarakat luas baik tingkat nasional maupun internasional.

Untuk mendukung Misi Kedeputian Bidang PTN yaitu melaksanakan pendayagunaan melalui hilirisasi produk litbang sehingga diperoleh outcomes nyata, maka PDK memiliki peran dalam konteks hilirisasi yakni sebagai berikut.

  • PDK harus mengembangkan tata kelola dari sejak diseminasi/ pemasyarakatan, promosi hingga kemitraan dengan baik. Ketiga aspek ini harus dilakukan secara integratif dengan indikator output yang jelas di setiap tahapannya.
  • Untuk mendukung tugas dan fungsinya, PDK harus menguatkan kemampuan networking dan partnerships antara pengembang teknologi (inventor dan inovator) dan pengguna teknologi (hasil litbang). Terkait dengan hal ini, PDK harus mampu memfasilitasi komunikasi untuk membahas demand dan supply di antara keduanya. Dalam konteks ini, PDK juga harus meningkatkan kemampuan untuk melakukan survei pasar. Hasil dari survei pasar ini selanjutnya dikomunikasikan dengan Unit Kerja pengembang teknologi untuk menjadi acuan kegiatan litbang.
  • PDK harus mengembangkan kemampuan untuk melakukan studi kelayakan (feasibility study) setiap produk litbang yang direncanakan akan dihilirkan dan pada tahapan yang tepat, melakukan studi tekno ekonomi.
  • Pendayagunaan teknologi nuklir dengan sasaran akhir tersedianya mitra yang akan memanfaatkan produk litbang harus dimulai sejak dini ketika produk litbang tersebut dirancang. Oleh karena itu PDK harus menjalin komunikasi yang kuat dengan Unit Kerja penghasil produk litbang. Selain itu, PDK juga harus senantiasa melakukan identifikasi, kajian potensi pasar produk litbang yang ada untuk dihilirkan.
  • Sasaran dari kemitraan dimaksud, khususnya untuk tujuan komersial, adalah membangun kemampuan usaha kecil dan menengah untuk menggulirkan usaha dengan basis produk litbang iptek nuklir.