pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

Aplikasi teknik nuklir di dunia industri antara lain untuk keperluan non destructive testing atau uji tak rusak bagi obyek tertentu. Pengertian uji tak rusak disini yaitu metode pengujian atau pemeriksaan terhadap bahan-bahan atau material-material produk industri dengan tidak menimbulkan kerusakan bagi material yang diperiksa tersebut. Teknik uji tak rusak itu sendiri sudah mapan, terstandardisasi dan mendunia. Manfaat uji tak rusak yaitu untuk menjamin kepastian mutu, kehandalan komponen, dan keselamatan operasi instalasi di seluruh sektor industri.

Teknik uji tak merusak pada umumnya menggunakan sinar gamma yang memiliki karakteristik antara lain mampu menembus benda atau material tertentu. Karena itu dapat dipakai melihat dan mengecek sistem beton bertulang pada gedung dan bangunan lainnya, memindai komponen mesin industri, pengelasan dan lainnya. Selain dapat  menembus material, tingkat keselamatan dalam penggunaan sinar gamma terhadap manusia juga dapat diatur. Radiasi diatur sekecil mungkin yaitu di bawah batas ambang

Selain itu digunakan metode radiografi dengan sinar X. Misalnya untuk memeriksa material non logam seperti kayu, plastik, aluminium dan lainnya. Aplikasinya juga dapat untuk
memeriksa komponen pesawat terbang, reaktor nuklir dan lainnya.

Selain radiografi, masih ada teknik uji tak rusak lainnya seperti tes ultrasonik, tes magnetik, tes penetrasi, tes kebocoran, tes emisi akustik dan lainnya. Masing-masing saling melengkapi satu sama lain.

PSTBM-BATAN memiliki peralatan radiografi neutron untuk meneliti dan menguji bahan dengan memanfaatkan berkas neutron yang dihasilkan oleh reaktor riset. Awalnya peralatan tersebut memakai film untuk merekam gambar. Dalam perkembangannya berganti dengan tomografi neutron yang memakai kamera sebagai pengganti film sehingga hasilnya lebih presisi. Cara penggunaannya yaitu obyek diambil gambar radiografinya kemudian diolah memakai perangkat lunak sehingga muncul citra tiga dimensi dari obyek tersebut. Dengan demikian isi di dalam sebuah obyek dapat diketahui tanpa perlu membuka atau merusak obyek terlebih dulu.

Teknik tersebut berguna misalnya untuk mengetahui struktur dalam dari blok berbagai mesin atau meneliti artefak arkeologi yang tidak boleh dirusak. Teknik uji tak rusak dari BATAN telah diaplikasikan di berbagai bidang. Misalnya dalam pengujian kolom beton di Masjid Baiturrahman di Aceh, Pengujian untuk pressure vessel resertifikasi milik pabrik Pusri Palembang, hingga pengujian keretakan pada bagian tangki bahan bakar pesawat terbang.