TechnoRun

Nuclear Techno Run 2019

Daftar Sekarang...
sucofindo
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

(Jakarta, 13 Januari 2015). Tema ini disampaikan oleh Dr. Taswanda Taryo, selaku Deputi Pengembangan Teknologi Energi Nuklir dalam acara Rapat Koordinasi Kedeputian TEN di PTBGN dalam Bahasa Inggris yang dihadiri oleh Kepala BATAN, Kepala dan staf dari PTBGN, PTLR, PTBBN, PTKRN, dan PKSEN. Saat ini Indonesia masih dibebani dengan subsidi energi yang cukup besar, dengan nilai lebih 300 triliun rupiah per tahun, sehingga menghambat pembangunan infrastruktur energi (pembangkit listrik, jaringan listrik, kilang minyak dll).

Bekerja dengan materi radioaktif menuntut budaya keselamatan kerja yang tinggi. BATAN melaksanakannya sesuai regulasi nasional dan internasional

Faktor manusia serta budaya keamanan adalah faktor- faktor penting dalam menjamin keamanan di fasilitas, infrastruktur dan transpor tasi bahan nuklir. hal inilah yang selalu diterapkan di BATAN sejak berdiri 55 tahun silam dengan mengikuti peraturan ser ta standar internasional.

Teknologi nuklir memang merupakan sarana penting dalam mendukung program pembangunan nasional di indonesia. terutama di bidang kesehatan, makanan dan per tanian, manajemen sumber daya air, perlindungan lingkungan.

Di sisi lain, masalah keamanan nuklir masih menjadi isu penting bagi dunia internasional dan nasional. ini mengingat risiko jika bahan nuklir dan radioaktif lainnya jatuh ke tangan yang salah dan digunakan secara tidak ber tanggung jawab. karena itulah diperlukan langkah-langkah serius dalam melindungi fasilitas maupun bahan-bahan nuklir.