hut ri ke 76
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

Pengoperasian reaktor riset seperti yang dimiliki BATANN menggunakan uranium sebagai bahan bakar. uranium memiliki energi berlipat dibanding minyak bumi dengan volume limbah yang justru lebih kecil dibanding bahan bakar minyak bumi atau batu bara.

Dalam penggunaan bahan bakar nuklir tadi, ada bahan uranium sisa yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan bakar di reaktor jenis lain setelah melalui fabrikasi.

BATAN melakukan daur bahan nuklir antara lain untuk mengurangi gas CO2 walau sebenarnya volume gas CO2 dari reaktor lebih kecil dibanding yang dikeluarkan dari penggunaan batu bara, gas alam dan minyak bumi.

Proses olah-ulang ini juga akan memperpanjang waktu pemanfaatan uranium sebagai sumber energi. bagi Indonesia, kemandirian daur bahan bakar nuklir ini sangat penting karena menyangkut keamanan energi dan keselamatan lingkungan. baTaN sendiri mencatat perkiraan cadangan uranium di Indonesia mencapai sekitar 53 ribu ton yang tersebar di sejumlah pulau.

Sedangkan limbah semi cair seper ti resin yang dipakai untuk penyaring mineral dari air di reaktor akan disedimentasi lalu disimpan dalam tabung beton berpelat baja. demikian pula dengan limbah padat. Sebagian akan dibakar seperti kertas atau dipadatkan dan disimpan dalam drum sebelum ditaruh di tempat penampungan sementara. BATAN juga tengah mencanangkan demo disposal atau tempat pembuangan skala lestari ukuran kecil.

Sementara itu, dalam operasional reaktor riset sehari- hari, terdapat ruang khusus laundry yang memakai sabun khusus lalu air sisa dievaporasi agar tidak mencemari lingkungan. benda yang dicuci mulai dari baju laboratorium, kover sepatu dan lainnya. Terdapat pula filter agar uap dari mesin cuci yang dilepas ke lingkungan tidak mengandung paparan radioaktif. air itu juga akan dianalisa dan dilaporkan hasilnya ke petugas proteksi Radiasi.