Pengumuman Penerimaan CPSN 2019
sucofindo
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

Yogyakarta - Kota gudeg ini memang akrab dengan perkembangan iptek nuklir Indonesia. Selain memiliki reaktor riset nuklir Kartini, di kota ini juga pernah ada jurusan Teknik Nuklir UGM pada era tahun 80an. Pada tahun 1985 di komplek kawasan nuklir Yogyakarta juga diresmikan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. Selain itu masih ada Zona Nuklir di Kawasan Taman Pintar.

Pada Mei lalu dideklarasikan sebuah komunitas yang diberi nama Kommun (Komunitas Muda Nuklir Nasional) di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kommun sebelumnya dibentuk tanggal 11 Februari 2013 lalu. Dikomandani oleh Ahmad Aji Wijayanto, mahasiswa smester 7, fakultas Teknik Fisika universitas Gajah Mada.

Gebrakan awal Kommun dengan menggelar Nuclear Youth Summit 2013. Bekerja sama dengan pihak BATAN, Kommun mengundang 200 peserta kalangan muda untuk ikut dalam ajang kompetisi paper, essay dan blog.

Ketua Kommun, Aji menjelaskan bahwa tujuan komunitas ini untuk memberikan informasi dan sebagai wadah bertukar pikiran untuk menampung aspirasi kaum muda dalam mendukung pengembangan iptek nuklir di Indonesia. Komunitas ini merupakan jaringan komunitas nuklir di seluruh Indonesia.

Selain melakukan sosialisasi iptek nuklir untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, kedepannya nanti Kommun juga akan melakukan riset bersama sesuai kompetensi keilmuan para anggota. Mengingat di dalam tubuh Kommun juga beranggotakan dari berbagai disiplin ilmu seperti sosiologi, hukum, ekonomi bahkan pelajar SLTA.

Dengan terbentuknya Komunitas Muda Nuklir Nasional diharapkan siapa saja bisa bergabung, terlepas dari pemuda jurusan eksak tapi juga terbuka bagi jurusan sosial.Saat organisasi ini berdiri, Kommun beranggotakan baru 80 orang.Anggotanya saat ini adalah mahasiswa jurusan fisika dan kimia di beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Gajah Mada, UI, ITB, dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir Yogyakarta. Diharapkan anggotanya bisa bertambah lagi.