PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 24/03/2020). Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN tengah melakukan upaya untuk mendukung pemerintah menekan penyebaran wabah virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Salah satu upaya yang baru saja dilakukan adalah memberikan bantuan kepada RSUD Kota Yogyakarta, di jalan Wirosaban No. 1.  Bantuan yang diberikan PSTA berupa 30 set Coverall, kelengkapan APD (alat pelindung diri) seperti 1 dos masker, 1 dos sarung tangan, penutup kepala, dan shoes cover. Serah terima bantuan dilakukan di kantor PSTA BATAN Yogyakarta, jalan Babarsari. (24/03/2020)

Eko Yudho Pramono selaku Kepala Bagian Tata Usaha PSTA, saat menyerahkan bantuan mengatakan, “PSTA, walaupun juga harus menyediakan stock untuk antisipasi kedaruratan, namun harus tetap bisa berbagi dengan RSUD, yang saat ini lebih membutuhkan untuk menangani pasien,” kata Eko.

(Yogyakarta, 11/03/2020). Pemberitaan tentang Virus corona menjadi topik terhangat sejak Januari 2020. Corona virus atau Covid-19 mendadak bagaikan teror mengerikan bagi masyarakat dimanapun. Sampai saat ini di Indonesia dinyatakan 27 orang positif virus corona. Satu hal yang mengkhawatirkan bahwa  virus ini terus mencari mangsa, sementara vaksin penangkalnya belum ditemukan hingga saat ini.

Bidang Keselamatan Kerja dan Keteknikan, Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Yogyakarta menggelar sosialisasi tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Dilakukan di auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, kawasan nuklir Yogyakarta. Dihadiri sekitar 100 karyawan, Rabu (10/03).

Dokter Syarifah Nur Chayani dari Puskesmas Depok III Sleman selaku narasumber menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah pneumonia Covid-19 ini. “Oleh karena itu lakukanlah pencegahan, seperti sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer, kandungan alkohol minimal 60%,” kata dokter yang akrab disapa Ifah itu.

(Yogyakarta, 5/03/2020). Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya. Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah agar menghasilkan generasi masa depan yang berkualitas.

Internet Reactor Laboratory (IRL) yang digagas oleh Pusat Sains dan Teknologi Akselerator BATAN Yogyakarta, kini hadir menjawab tantangan ini. IRL ini menyajikan model layanan digital technology dan video conference untuk melaksanakan praktikum yang komprehensif dan mendasar tentang ilmu fisika inti. Kegiatan ini berlangsung secara real-time sehingga memungkinkan mahasiswa di seluruh dunia melakukan praktikum fisika inti menggunakan reaktor Kartini Yogyakarta tanpa terkendala jarak dan waktu.

Ir. Gede Sutresna Wijaya, MT selaku Plt. Kepala PSTA BATAN dalam sambutannya mengatakan, kedepan, tidak hanya reaktor yang bisa digunakan seperti ini, tapi juga fasilitas lain seperti bidang fisika partikel, bidang teknologi proses, pengendalian keselamatan, dan sebagainya. Selanjutnya dikatakan Gede bahwa PSTA akan selalu siap berada di tengah masyarakat dalam rangka bekerja sama meningkatkan kemampuan ketrampilan pelajar dan mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia.

(Yogyakarta, 25/02/2020). Selasa pagi tepat pukul 10.00 WIB adalah kali ketiganya University of Sharjah (UoS) yang berada di negara Uni Emirat Arab, melakukan kerja sama dalam hal pembelajaran mata kuliah fisika reaktor di reaktor Kartini Yogyakarta. Sebelumnya University of Sharjah menjalin kerja sama dengan reaktor riset milik Massachusetts Institute of Technology (MIT) USA.

Dengan menggunakan Internet Reactor Laboratory (IRL), UoS telah melakukan kuliah sekaligus praktikum mata kuliah Fisika Reaktor di jurusan Mechanical and Nuclear Engineering setiap semester. IRL adalah praktIkum reaktor jarak jauh secara langsung dengan menggunakan media internet. Data yang disajikan bisa dipelajari mahasiswa dimanapun lokasinya, dan tetap dibawah bimbingan dosen dari universitas pemohon.

Yogyakarta, 06/02/2020 – Awal Februari tepatnya tanggal 4 – 6 Februari 2010 ini, sekitar 160 mahasiswa didampingi dosen pembimping dari Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika (DTNTF) Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta melakukan kunjungan industri. Salah satu lembaga yang dituju adalah Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN di jalan Babarsari.

Sita Dewi, selaku dosen pembimbing mengatakan bahwa kunjungan industri ke BATAN ini untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa terhadap perkembangan iptek nuklir Indonesia. Sehingga dari kunjungan ini bisa menarik minat ketertarikan mahasiswa terhadap mata kuliah yang berhubungan dengan ilmu-ilmu fisika. Kunjungan industri ini merupakan rangkaian dari kegiatan kaderisasi mahasiswa baru DTNTF UGM. Mahasiswa yang ikut dalam kunjungan industri ini adalah mahasiswa smester 2, didampingi mahasiswa smester 4 Fakultas Teknik.