PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 02/07/2020). “SDM unggul adalah  salah satu pilihan program prioritas negara Indonesia. BATAN juga ingin memberikan kontribusi dalam program prioritas tersebut, khususnya untuk membentuk SDM unggul di bidang nuklir.” Demikian hal itu disampaikan Prof. Dr. Anhar R Antatiksawan selaku Kepala BATAN, saat mengawali presentasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Penertiban Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) 30 Juni lalu melalui Zoom Meeting.

Lebih lanjut dikatakan Anhar bahwa dari waktu ke waktu sering ditemui ada perguruan tinggi yang ingin belajar ilmu nuklir, tapi terkendala pada keterbatasan fasilitas. Dalam hal ini BATAN menawarkan ke publik suatu aplikasi yang diberi nama Api Rela Membara.

“Inovasil pelayanan publik Api Rela Membara memungkinkan belajar reaktor nuklir baik teori maupun praktikum dari jarak jauh. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan dari mancanegara,” papar Anhar. Melalui aplikasi ini BATAN berkomitmen menjaga semangat belajar anak bangsa tetap membara.

(Yogyakarta, 15;04/2020). Salah satu upaya mempercepat penanganan Covid-19 dalam menanggulangi penyebaran virus corona adalah melengkapi kebutuhan alat keselamatan kesehatan bagi tenaga medis dan masyarakat.

Bertambahnya kasus virus corona Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta membuat banyak orang tergerak hatinya untuk mengulurkan donasi. Demikian halnya dengan para pegawai BATAN Yogyakarta di jalan Babasari. Melalui group Whatsapp PSTA BATAN, sebagian besar pegawai mengusulkan kepada pimpinan untuk segera melakukan pemotongan gaji mereka secepatnya.

Dana yang terkumpul, oleh Pengurus KORPRI lembaga itu dibelikan peralatan bantuan medis seperti hazmat, face shield, dan masker. Peralatan medis itu diserahkan ke rumah sakit rujukan Covid-19 D.I Yogyakarta yaitu RS dr. Sardjito dan RSPAU dr. S. Hardjolukito. Sebelumnya, Maret 2020 lalu, PSTA juga menyerahkan peralatan APD ke RSUD Kota Yogyakarta.

(Yogyakarta, 30/03/2020). Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB), melalui surat edaran No. 34 tahun 2020 menyatakan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home untuk aparatur sipil negara (ASN) diperpanjang hingga 21 April 2020.

Berkenaan dengan surat edaran Kemenpan RB tersebut, Satuan Tugas Kewaspadaan, Kesiapsiagaan, Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 PSTA BATAN melakukan rapat koordinasi untuk memberikan laporan secara berkala kepada Kepala PSTA. Rapat dipimpin oleh ketua satgas Eko Yudho Pramono, ST dan dihadiri oleh Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator, Ir. Gede Sutrsna Wijaya, M.Eng. untuk mendengarkan laporan.

Pada rapat koordinasi kembali ditekankan bahwa bekerja dari rumah (WFH) harus memberikan laporan kegiatan harian yang bisa dilakukan pegawai melalui aplikasi buatan BATAN sendiri yaitu Sistem Informasi Kinerja Pegawai (SIKAP).

(Yogyakarta, 24/03/2020). Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN tengah melakukan upaya untuk mendukung pemerintah menekan penyebaran wabah virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Salah satu upaya yang baru saja dilakukan adalah memberikan bantuan kepada RSUD Kota Yogyakarta, di jalan Wirosaban No. 1.  Bantuan yang diberikan PSTA berupa 30 set Coverall, kelengkapan APD (alat pelindung diri) seperti 1 dos masker, 1 dos sarung tangan, penutup kepala, dan shoes cover. Serah terima bantuan dilakukan di kantor PSTA BATAN Yogyakarta, jalan Babarsari. (24/03/2020)

Eko Yudho Pramono selaku Kepala Bagian Tata Usaha PSTA, saat menyerahkan bantuan mengatakan, “PSTA, walaupun juga harus menyediakan stock untuk antisipasi kedaruratan, namun harus tetap bisa berbagi dengan RSUD, yang saat ini lebih membutuhkan untuk menangani pasien,” kata Eko.

(Yogyakarta, 11/03/2020). Pemberitaan tentang Virus corona menjadi topik terhangat sejak Januari 2020. Corona virus atau Covid-19 mendadak bagaikan teror mengerikan bagi masyarakat dimanapun. Sampai saat ini di Indonesia dinyatakan 27 orang positif virus corona. Satu hal yang mengkhawatirkan bahwa  virus ini terus mencari mangsa, sementara vaksin penangkalnya belum ditemukan hingga saat ini.

Bidang Keselamatan Kerja dan Keteknikan, Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN Yogyakarta menggelar sosialisasi tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Dilakukan di auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir, kawasan nuklir Yogyakarta. Dihadiri sekitar 100 karyawan, Rabu (10/03).

Dokter Syarifah Nur Chayani dari Puskesmas Depok III Sleman selaku narasumber menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah pneumonia Covid-19 ini. “Oleh karena itu lakukanlah pencegahan, seperti sering mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer, kandungan alkohol minimal 60%,” kata dokter yang akrab disapa Ifah itu.