PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

Yogyakarta,28/01/2019 – Semua pihak termasuk seluruh pegawai di kawasan nuklir Yogyakarta memiliki tanggung jawab kongkrit untuk melaksanakan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) menjadi budaya bersama.  Bulan K3 Nasional tahun 2019 ini mengambil tema “Wujudkan kemandirian masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk mendukung stabilitas ekonomi nasional.”

Dalam keterangannya Kepala Bagian Tata Usaha, Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA), Eko Yudho Pramono, ST mengatakan bahwa BATAN Yogyakarta sudah menerapkan K3. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat SMK3 (Sistem Manajemen K3) oleh Komisi Standardisasi BATAN. Sejak tahun 2019 ini BATAN telah menerapkan Sistem Manajemen BATAN yang didalamnya termasuk SMK3 yang telah disertifikasi oleh Sucofindo tahun 2018 lalu.

Selanjutnya dikatakan Eko Yudho bahwa penerapan K3 selalu dipantau diukur dan dinilai melalui kegiatan inspeksi, audit internal dan penilaian penerapan budaya keselamatan. Untuk penerapan K3 di PSTA Eko Yudho menyampaikan, “Dalam rangka Bulan K3, pegawai harus ditingkatkan kesadarannya untuk menerapkan SMK3 dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari di PSTA,” kata Eko.

Seperti yang dilakukan hari ini (Senin, 28/01/2019), 26 pegawai yang tergabung dalam tim pemadam kebakaran melakukan latian. “Materi yang diberikan seperti penggunaan APAR (alat pemadam api ringan), pemadaman api secara tradisional dengan menggunakan karung goni dicelup air, dan penggunaan hidran. Latihan seperti ini rutin dilakukan untuk menambah kompetensi personel,” kata Sukadi selaku Kepala Unit Pengamanan Nuklir PSTA.

Kharistya Rozanna, pegawai yang baru bergabung di PSTA hampir setahun ini mengatakan bahwa dirinya pernah melakukan latihan menggunakan APAR di perusahaan swasta tempat bekerja sebelumnya. “Materi latihan damkar tadi sangat menarik karena menguji mental dan kesiapsiagaan kita terhadap kebakaran yang bisa saja terjadi di lingkungan kerja. Selain itu, kita jadi lebih siap dan dapat menjadi problem solver apabila terjadi kebakaran di daerah kerja yang dapat dipadamkan secara mandiri,” demikian kata pegawai yang akrab di sapa Kharis itu.

Dalam memperingati Bulan K3 Nasional yang dimulai sejak 12 Januari sampai dengan 12 Februari 2019 ini, kawasan nuklir Yogyakarta mencanangkan beberapa agenda kegiatan seperti, pelatihan damkar, seminar kesehatan, senam sehat, lomba ranking 1 tentang K3, pemeriksaan kesehatan (PT Kimia Farma), Safety Patrol, dan lomba 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin).

Persiapan menuju lomba 5R, pada Jumat, 25/01/2019 lalu telah dilaksanakan kerja bakti membersihkan dan merapikan lingkungan kerja masing-masing di seluruh kawasan nuklir Yogyakarta. (biw)