PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

Yogyakarta, 21/02/2019Sebanyak 9 Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) PSTA BATAN tahun anggaran 2018 mengunjungi Unit Jaminan Mutu (UJM) di PSTA. Kunjungan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Orientasi Pegawai Baru CASN BATAN tingkat unit yang dilaksanakan pada 12 sampai 21 Februari 2019.

Kepala Unit Jaminan Mutu, Aris Bastianudin, SST yang menyambut para CASN itu menyampaikan bahwa UJM merupakan salah satu unit di PSTA yang dibentuk sesuai Perpres nomor 46 tahun 2013. Tugas pokok UJM sesuai dengan Perka BATAN nomor 14 tahun 2013 adalah melakukan pengembangan, pengelolaan, pemantauan, pelaksanaan dan audit internal sistem manajemen mutu penelitian serta pengembangan teknologi akselerator.  

Saat ini PSTA BATAN telah menerapkan 7 (tujuh)  sistem manajemen yaitu dengan menerapkan sistem manajemen untuk meningkatkan layanan dan mutu kepada pemangku kepentingan. Penghargaan dari lembaga yang berkompeten telah didapatkan, yaitu:

  1. Memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2002 sebagai Laboratorium Penguji yang telah memenuhi persyaratan umum untuk kompetensi laboratorium penguji sesuai standar SNI ISO/IEC 17025:2008.
  2. Memperoleh akreditasi dari Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) sejak tahun 2003 sebagai Laboratorium Pranata Penelitian dan Pengembangan yang telah memenuhi persyaratan sesuai Pedoman KNAPPP 02:2017.
  3. Telah memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) dari Komite Standardisasi BATAN (KSB) sejak tahun 2010 yang telah memenuhi persyaratan sesuai standar SB 001-SNI-9001:2012, dengan ruang lingkup: pelayanan penelitian dan pengembangan teknologi akselerator dan fisika nuklir, kimia dan teknologi proses bahan industri nuklir, pelayanan pendayagunaan reaktor riset, pelayanan pengendalian keselamatan kerja dan Pelayanan kesehatan.
  4. Telah memperoleh Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan Kerja dan Kesehatan (SMK3) dari Komisi Standardisasi BATAN (KSB) pada tahun 2014, yang telah memenuhi persyaratan sesuai standar SB 006-OHSAS 18001:2008.
  5. Telah memperoleh sertifikasi sistem manajemen keamanan Komisi Standardisasi BATAN (KSB) pada tahun 2018 yang telah memenuhi persyaratan sesuai stanadar SB 009-BATAN:2010 tentang persyaratan Sistem Manajemen Keamanan.
  6. Telah memperoleh srtifikasi sistem manajemen lingkungan (SML) dari Komite Standardisasi BATAN (KSB) sesuai standar SB 008-SNI-14001:2009 tentang persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan. PSTA dalam kegiatannya selalu memperhatikan aspek lingkungan, agar dalam pelaksanaan seluruh kegiatan litbangnya tidak memberi dampak negatif terhadap lingkungan, melalui kegiatan pemantauan radioaktivitas lingkungan di sekitar fasilitas secara rutin setiap bulannya, dan selalu memberikan laporan ke instansi terkait seperti BLH-Kabupaten Sleman dan juga Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).
  7. Telah menerapkan Sistem Manajemen Fasilitas dan Kegiatan (SM Reaktor) sesuai Perka BAPETEN Nomor 4 tahun 2010 tentang Sistem Manajemen Fasilitas dan Kegiatan Pemanfaatan Tenaga Nuklir.
  8. PSTA juga mendapatkan penghargaan Bapeten Safety Award (BSA) dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir sebagai lembaga litbang yang sangat concern terhadap masalah keselamatan.

Pada 13 Desember 2018 PSTA ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Akselerator dan Proses Bahan oleh Kemenristekdikti dengan 6 produk unggulan yaitu Mesin Berkas Elektron (MBE), Siklotron, Nitridasi Plasma, Logam Tanah Jarang, Zirkonium dan Titanium.  Oleh karena itu PSTA  harus dapat  melaksanakan sistem manajemen secara konsisten sesuai dengan ketentuan yang berlaku di setiap sistem manajemen untuk menjaga mutu dan kualitas produk serta layanan di PSTA.

Sebagai informasi, Pusat Unggulan Iptek merupakan program Pengembangan dari Kemenristekdikti kepada lembaga litbang yang bertujuan untuk menguatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga litbang yang diarahkan untuk menjawab tantangan kemajuan teknologi Indonesia di masa depan. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perekonomian nasional.

Dalam kegiatan orientasi di UJM  disampaikan beberapa materi terkait sistem manajemen yaitu: Penjelasan tentang UJM secara umum, RENSTRA, Program INSINAS dan PUI; Pengenalan tentang sistem manajemen pranata litbang; Penyusunan SOP dan E-Repository; Pengendalian Dokumen; Proses pembuatan USPEN; Keselamatan kerja dan audit internal serta Evaluasi kinerja. 

CASN sebagai generasi penerus di BATAN, diharapkan dapat menjaga standar yang telah ditetapkan sehingga terjaminnya mutu dari setiap hasil penelitian dan pengembangan di PSTA meningkat. Hal tersebut untuk menjaga tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat maupun stakeholder kepada PSTA BATAN dalam memberikan pelayanannya. (arbast)