PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 20/09/2019).  Sekarang ini, perguruan tinggi yang punya jurusan fisika bisa memanfaatkan reaktor Kartini Yogyakarta melalui IRL (Internet Reactor Laboratory) untuk memberi pelajaran pada mahasiswa dalam mata kuliah fisika reaktor. Bahkan perguruan tinggi dari negara yang tidak punya reaktor riset, dapat belajar secara langsung tentang teknologi reaktor dan pengoperasiannya.

IRL menghubungkan reaktor riset dengan ruang kelas universitas di negara manapun. Sinyal dan pandangan real-time kegiatan di reaktor dikirim dari reaktor riset melalui internet ke kelas yang berpartisipasi, sehingga panel kontrol reaktor dapat dilihat tampilannya secara langsung.

Hal IRL itu disampaikan oleh Ir. Gede Sutresna Wijaya, MT selaku Plh. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator BATAN Yogyakarta dihadapan tim Monitoring dan Evaluasi WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). “Jadi IRL ini bukan hanya untuk kepentingan nasional, lebih besar lagi untuk internasional,” kata Gede menegaskan.

Penanggungjawab kegiatan Pembangunan Zona Integritas (PZI) PSTA, Eko Yudho Pramono, ST memaparkan profil PSTA termasuk visi dan misinya, fokus unggulan litbang PSTA. Terkait Internet Reactor Laboratory, Eko Yudho menjelaskan, “Saat ini, ada 40 perguruan tinggi di Indonesia yang tertarik untuk permintaan mata kuliah fisika reaktor.”

Lebih lanjut dijelaskan Eko, peserta pembelajaran jarak jauh dapat berinteraksi dengan personel di fasilitas reaktor melalui tautan komunikasi video audio langsung. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk mengarahkan kamera kendali jarak jauh di ruang kendali reaktor sampai ke teras reaktor. Sistem akuisisi data online digunakan untuk memberikan visualisasi nyata dari parameter operasi reaktor, dan untuk mengumpulkan data eksperimental reaktor tersebut.

Usai mendengar paparan, tim monev WBK Kemenpan RB yang dipimpin oleh Dra. Endang Purwaningsih, MAP menyampaikan bahwa kedatangannya untuk memotret (memantau/merekam, red) tentang perubahan-perubahan yang sudah dilakukan terkait pencapaian target Pembangunan Zona Integritas (PZI). “Inovasi atau perubahan apa saja yang menonjol, yang membedakan, apa yang unggul dari unit-unit lain? Perubahan ini biasanya kan dari isu strategis nasional yang mengemuka,” demikian Endang menegaskan.

Endang juga mengakui bahwa manajemen perubahan yang dilakukan PSTA sudah baik, yaitu dengan melakukan internalisasi program Zona Integritas ini ke semua pegawainya. Lebih detail lagi Endang menyoroti masalah perubahan mental aparatur, disarankan agar melakukan pengukuran dengan menggunakan survey perubahan pola pikir (mindset) pegawai. (biw)