PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 25/02/2020). Selasa pagi tepat pukul 10.00 WIB adalah kali ketiganya University of Sharjah (UoS) yang berada di negara Uni Emirat Arab, melakukan kerja sama dalam hal pembelajaran mata kuliah fisika reaktor di reaktor Kartini Yogyakarta. Sebelumnya University of Sharjah menjalin kerja sama dengan reaktor riset milik Massachusetts Institute of Technology (MIT) USA.

Dengan menggunakan Internet Reactor Laboratory (IRL), UoS telah melakukan kuliah sekaligus praktikum mata kuliah Fisika Reaktor di jurusan Mechanical and Nuclear Engineering setiap semester. IRL adalah praktIkum reaktor jarak jauh secara langsung dengan menggunakan media internet. Data yang disajikan bisa dipelajari mahasiswa dimanapun lokasinya, dan tetap dibawah bimbingan dosen dari universitas pemohon.

Kepala Bidang Reaktor, Umar Syaiful Hidayat menceritakan bahwa ketertarikan UoS bermula dari postingan Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA), Edy Giri Rachman Putra tahun 2019 di akun Instagram, yaitu tentang tersedianya fasilitas IRL di BATAN Yogyakarta.

“Salah satu dosen UoS yang pernah bertemu pak Edy Giri di Korea tertarik dengan IRL dan langsung dipertemukan dengan tim teknis,” kata Umar. Selanjutnya rapat perdana dilakukan melalui sambungan Skype antara manajemen PSTA, Tim IRL dan pihak UoS, digelar awal Desember 2019. Menghasilkan kesepakatan tentang penggunaan IRL sebagai media Praktikum Fisika Reaktor di jurusan Mechanical and Nuclear Engineering, UoS.

Praktikum dilakukan untuk mata kuliah Advanced Nuclear Laboratorium Spring, Nuclear Engineering Program, University of Sharjah selama 1 semester. Waktu yang ditetapkan yakni tanggal 28 Januari, 11 Februari, 25 Februari, 10 Maret, dan 14 April 2020. Total ada 5 menu praktikum yang akan dilaksanakan yaitu praktikum operasi dan pengendalian reaktor, praktikum kalibrasi daya reaktor, praktikum pengukuran temperatur negatif bahan bakar, praktikum pengukuran reaktivitas batang kendali, dan praktikum kekritisan reaktor.

Praktikum ini rencananya akan dilaksanakan di semester ganjil dan genap setiap tahunnya. Waktu berlangsungnya praktikum disesuaikan dengan jadwal perkuliahan di UoS, yaitu setiap Selasa mulai pukul 07.00 (waktu UEA) atau pukul 10.00 WIB. Setiap menu praktikum diselesaikan kurang lebih 2 jam maliputi penjelasan singkat, pengambilan data serta pembahasan singkat tentang data yang diperoleh.

Pelaksanaan praktikum berbasis IRL ini dipimpin oleh Dr. Victor Gillete, pengampu mata kuliah advance nuclear lab dari UoS. Dilaksanakan via Skype yang terintegrasi dengan sistem video conference IRL dan melalui website IRL. tatap muka interaksi mahasiswa dan pembimbing dilakukan dengan Skype, sedangkan data dikirimkan melalui website. (biw)