PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 24/03/2020). Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) BATAN tengah melakukan upaya untuk mendukung pemerintah menekan penyebaran wabah virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Salah satu upaya yang baru saja dilakukan adalah memberikan bantuan kepada RSUD Kota Yogyakarta, di jalan Wirosaban No. 1.  Bantuan yang diberikan PSTA berupa 30 set Coverall, kelengkapan APD (alat pelindung diri) seperti 1 dos masker, 1 dos sarung tangan, penutup kepala, dan shoes cover. Serah terima bantuan dilakukan di kantor PSTA BATAN Yogyakarta, jalan Babarsari. (24/03/2020)

Eko Yudho Pramono selaku Kepala Bagian Tata Usaha PSTA, saat menyerahkan bantuan mengatakan, “PSTA, walaupun juga harus menyediakan stock untuk antisipasi kedaruratan, namun harus tetap bisa berbagi dengan RSUD, yang saat ini lebih membutuhkan untuk menangani pasien,” kata Eko.

Pihak RSUD Kota Yogyakarta diterima oleh Anang HR Staf Tata Usaha, mewakili dr. Ariyudi Yunita, MMR Direktur RSUD Kota Yogyakarta. Pihak RSUD selain menyampaikan terima kasih, mengatakan bahwa semua yang diberikan PSTA bermanfaat untuk penanganan pasien. Sementara pesediaan bahan-bahan tersebut di RSUD juga terbatas, sedang dipasaran saat ini sudah langka. Perlu diketahui bahwa saat ini, di RSUD ada 6 dirawat dengan status PDP (pasien dalam pengawasan), pasien positif ada 1 orang, sedangkan 1 pasien lagi saat ini menunggu hasil.

Seperti kantor-kantor lainnya, PSTA juga telah memerintahkan karyawannya untuk work from home alias kerja di rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran virus corona atau Covid-19. Work from home bisa berlangsung cukup lama, sampai pandemik virus corona dapat diatasi. PSTA untuk saat ini menetapkan Work from home selama 14 hari sampai tanggal 29 Maret 2020.

Pegawai yang melakukan kerja di rumah diwajibkan untuk memberikan laporan harian melalui aplikasi SIKAP (Sistem Informasi Kinerja Pegawai), termasuk bukti-bukti foto saat melakukan pekerjaan di rumah.

Sementara itu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menggelar Sapa Aruh di Bangsal Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Senin (23/3/2020). Dalam Sapa Aruh atau menyapa warga kompleks kepatihan itu, Sri Sultan menganjurkan warganya untuk slow down bukan lock down. "Waspada, melalui kebijakan 'slow down', sedapat mungkin memperlambat merebaknya pandemi penyakit Corona, dengan cara reresik diri dan lingkungannya sendiri-sendiri," kata Sri Sultan.

Coverall adalah pakaian pelindung yang berfungsi untuk melindungi pemakai dan dapat meminimalkan risiko bahaya yang mungkin ada di dalam lingkungan kerja. Bahaya tersebut dapat berupa panas, percikan listrik atau arus listrik, serat asbes, paparan api, paparan logam, atau bahan kimia berbahaya dan beracun. (biw)