PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PSTA Kawasan Berintegritas

PSTA Kawasan Berintegritas

Dukung kami untuk melakukan langkah nyata dalam komitmen mewujudkan WBK dan WBBM, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

PZI dan WBK

Pembangunan Zona Integritas di PSTA

Pembangunan Zona Integritas di PSTA Jogja untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Menguji kemampuan masing-masing personel dalam melaksanakan tugas agar siap menghadapi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini diharapkan akan lahir sejumlah lesson learn yang berharga yang akan selalu bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Latihan ini sangat penting dan strategis karena melibatkan sejumlah instansi terkait yang paling bertanggungjawab sekiranya terjadi kedaruratan nuklir

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Meningkatkan kemampuan taktis semua komponen penanggulangan bencana di DI Yogyakarta dalam menjalankan operasi kedaruratan

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta adalah reaktor nuklir kedua milik Indonesia

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Reaktor riset Kartini Yogyakarta

Selain untuk tugas akhir di perguruan tinggi, reaktor Kartini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Mineral strategis

Mineral strategis

Mineral strategis milik Indonesia yang bernilai ekonomi tinggi

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang mempunyai fungsi vital dalam industri teknologi tinggi, mulai dari memori komputer, hybrid car, magnet, sampai cat anti radar.

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam strategis yang memiliki potensi menjadi unggulan masa depan Indonesia

Mineral strategis

Mineral strategis

Logam tanah jarang, Zirkon, Titanium merupakan unsur logam strategik untuk aplikasi teknologi maju dan teknologi nuklir

Slide item 11

Pemisahan Uranium dan Thorium dari monasit bisa dilakukan di PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Keamanan Nuklir PSTA

Dekontaminasi oleh petugas proteksi radiasi untuk memastikan keadaan sudah benar-benar aman

(Yogyakarta, 30/07/2020) Pelayanan yang prima tidak hanya memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, namun juga dapat melampaui yang diinginkan pelanggan secara terkontrol dan berkesinambungan. “Jadi tidak lagi kepuasan pelanggan, tetapi loyalitas pelanggan,” tutur Eko Lestarinigsih selaku Petugas Layanan Informasi PSTA BATAN. Hal ini disampaikan saat acara Workshop Pelayanan Prima di kantor PSTA, jalan Babarsari Yogyakarta (30/07/2020)

Dijelaskan pula bahwa ada hal yang juga sangat penting yaitu bagaimana memaintain pelanggan.  Semua itu tak lepas dari usaha untuk memperbaiki Excellent performanceExcellent Service, Excellent Systems, Information quality.  Lebih lanjut Eko menambahkan bahwa pelanggan yang merasa puas, akan bercerita kepada 4 atau 5 orang. Sedangkan pelanggan yang tidak puas, kekecewaannya akan diceritakan kepada sekitar 8 sampai 10 orang.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Usaha, Eko Yudho Pramono, ST dalam arahannya berharap bahwa nantinya jasa layanan yang ada di PSTA bisa diakses dengan mudah. "Seperti mengakses situs belanja online yang populer," kata Eko. Selanjutnya dikatakan Eko bahwa web aplikasi www.batanjogja.com yang telah ada, bisa terus dikembangkan untuk mempermudah cara pelayanan kepada pelanggan. "Pelanggan tidak kapok terhadap layanan yang diberikan PSTA," papar Eko menegaskan. Dalam kesempatan itu, Eko Yudho juga menyarankan kepada tim agen perubahan, untuk menata kembali tempat dan ruang, agar tata letaknya sesuai.

Dalam acara itu juga diberikan materi tentang Etika Menerima Tamu. Disampaikan oleh Argo Satrio Wicaksono. Dijelaskan Argo bahwa tahun 2019 lalu, dari kunjungan siswa dan mahasiswa yang datang ke kawasan nuklir seperti di Serpong, Pasar Jumat, Bandung, dan Yogyakarta. Kawasan Nuklir Yogyakarta tercatat sebagai kawasan yang menerima kunjungan paling banyak, yaitu 4.579 orang.

Dengan demikian sangat penting untuk memahami tamu-tamu tersebut sebagai pelanggan PSTA. "Selain menebar senyuman, kepada tamu kita harus penuh perhatian, sadari setiap tamu yang datang, walaupun kita sedang sibuk," kata Argo. Lebih lanjut Argo menambahkan, "Tak kalah penting, kita harus mampu merespon keinginan tamu," lanjutnya. Diakui kadang ada pelanggan yang marah, dan banyak bicara. Menyikapi pelanggan seperti ini memang diperlukan kemampuan berkomunikasi yang efektif.

Materi tentang Etika Bertelepon disampaikan oleh Shinta Dewi Kusumaningrum. Diakui Shinta bahwa saat ini penggunaan telepon pintar atau smartphone telah menggeser fungsi telepon lama atau telepon yang sering diletakkan di meja. Namun demikian, tetap perlu mengetahui etika bertelepon, seperti cara menelpon, menerima, berbicara, termasuk pencatatan dan meletakkan telepon.

Kegiatan workshop ini diakhir dengan materi Jenis Layanan yang ada di PSTA. "Sampai saat ini, di PSTA ada 3 jenis layanan, yaitu layanan jasa yang menghasilkan PNBP, layanan Tugas Akhir dan Praktek Kerja Lapangan, yang terakhir adalah layanan kunjungan ke faslitas nuklir Yogyakarta," jelas BI Wahyudi. Selanjutnya Wahyudi mengatakan bahwa ada lebih dari 40 macam layanan yang bisa dilakukan PSTA. Mulai dari  Analisis Kandungan Logam Zn Terlarut dalam Contoh Uji Air Sumur dengan Metode Nyala Spektrofotometri Serapan Atom, Jasa Pembuatan Lapisan Tipis Menggunakan Plasma Sputtering DC, Jasa Implantasi Ion, Pengujian Pesawat Sinar-X Radiografi Umum, sampai ke Internet Reactor Laboratory.

Kegiatan workshop selama satu hari ini diikuti oleh 20 peserta karyawan. Terdiri dari petugas depan layanan tamu, unit pengamanan, dan pembimbing mahasiswa praktek. (biw)