Sebagai penyelenggara pelayanan publik, PTLR-BATAN perlu melakukan survei untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan mengacu pada Peraturan Kepala BATAN Nomor: 186/KA/IX/2012 tentang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Unit Pelayanan Badan Tenaga Nuklir Nasional. Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik maka PTLR BATAN telah melakukan kegiatan pengumpulan data berupa kuesioner yang diberikan kepada pelanggan dari internal BATAN, Industri dan Rumah Sakit yang telah menyerahkan limbah radioaktif ke PTLR-BATAN.
No | TAHUN | INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT |
1 | 2013 | 3,095 |
2 | 2014 | 3,205 |
3 | 2015 | 3,33 |
4 | 2016 | 3,50 |
5 | 2017 | 3,18 |
6 | 2018 | 3.65 |
7 | 2019 | 3,64 |
Keterangan :
Nilai IKM 1,000 - 2,5996 : kinerja Unit Pelayanan " Tidak Baik "
Nilai IKM 2,600 - 3,064 : kinerja Unit Pelayanan " Kurang Baik "
Nilai IKM 3,0644- 3,532 : kinerja Unit Pelayanan " Baik "
Nilai IKM 3,5324 - 4,000 : kinerja Unit Pelayanan " Sangat Baik "
IKM pada tahun 2013 s.d. 2016 diperoleh dengan cara pengisian kuisioner secara manual kepada penerima layanan seperti penghasil limbah, pihak penyedia jasa dan barang, mahasiswa praktek kerja lapangan dan stakeholder lainnya.
Sejak tahun 2017 s.d. 2018, IKM didasarkan pada pengisian kuisioner oleh pelanggan PTLR yang menyerahkan limbah radioaktif. Pengisian dilakukan secara online di eLIRA. Perubahan ini kemungkinan yang menurunkan nilai IKM di tahun 2017 dan 2018, pelanggan belum terbiasa menggunakan metode baru sehingga dimungkinkan terjadi kesalahan dalam pengisian. Walaupun nilai IKM menurun, namun masih dalam kategori yang sama yaitu kinerja Unit Pelayanan kategori "baik".
Pada tahun 2018, IKM didasarkan pada pengisian kuisioner oleh pelanggan PTLR yang melimbahkan. Pengisian dilakukan secara online di eLIRA. Peningkatan nilai IKM merupakan bukti PTLR telah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan dengan berbagai langkah, antara lain penambahan petugas layanan yang standby, penambahan ruang layanan, diberlakukannya Standar Pelayanan dan lainnya.
Pada tahun 2019, IKM didasarkan pada pengisian kuisioner online melalui elira oleh pelanggan PTLR yang melimbahkan, walaupun terjadi penurunan 0.01, tetapi kinerja Unit Pelayanan masih " Sangat Baik ".
Survey Kepuasan Masyarakat
PTLR selalu melakukan survey kepuasan masyarakat setiap tahun, hasilnya disajikan dalam bentuk laporan yang berisi hasil survey dan rencana tindak lanjut untuk perbaikan komponen layanan yang masih kurang.
Laporan Survey Kepuasan Masyarakat dapat diunduh dengan meng klik tautan di bawah ini :