Slide item 5
Slide item 1

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

Slide item 6

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Febuari 2020 : 3,50

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Febuari 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Febuari 2019 : 9

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

SISTEM INFORMASI LAYANAN PRSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS) adalah reaktor riset tipe kolam dengan bahan bakar Uranium Silisida (U3Si2-Al) dengan densitas 2.96 g/cm3  dan fluks rata-rata 2x1014 n/cm2.detik. Fasilitas RSG-GAS selain digunakan untuk penelitian dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir, juga digunakan untuk melayani kegiatan iradiasi target. Fasilitas untuk mendukung penelitian adalah beam tube S1 – S6. Sedangkan fasilitas untuk iradiasi target yaitu Fasilitas Posisi pusat teras (CIP), Fasilitas Posisi dalam teras (IP), Fasilitas Power Ramp Test Facility (PRTF), Fasilitas Radiografi Neutron, Fasilitas Silikon Doping dan Fasilitas Sistem Rabbit.

RSG-GAS dikelola dan dioperasikan oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) yang salah satu tugasnya adalah memberikan layanan yang berhubungan dengan Jasa Iradiasi Neutron, Jasa Iradiasi Batu Topaz dan Penyediaan Air Bebas Mineral kepada pelanggan. Pelaksanaan pelayanan oleh PRSG kepada pelanggan dilakukan berdasarkan Standar Pelayanan Publik yang berlaku di PRSG yang ditetapkan oleh PRSG dengan memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Standar Pelayanan Publik PRSG ini dibuat untuk memberikan kepastian kepada pelanggan tentang pelayanan yang diberikan oleh PRSG. Selain itu, dengan standar pelayanan publik, PRSG dapat selalu berusaha meningkatkan pelayanannya untuk mencapai tujuan akhir yaitu Kepuasan Pelanggan.

MAKLUMAT PELAYANAN

" Dengan ini Kami menyatakan sungguh terus meningkatkan kemampuan, keandalan keselamatan dan utilisasi pengoperasian Reaktor RSG-GAS; mengutamakan pelayanan prima kepada pemangku kepentingan jasa layanan iradiasi, pelayanan teknis dan edukatif serta penelitian dan pengembangan sesuai standar yang telah ditetapkan. Apabila tidak menepati janji ini, Kami siap menerima sanksi sesuai aturan."

TARIF DAN WAKTU LAYANAN

Berikut ini merupakan tarif dan waktu layanan yang ada di PRSG :

JENIS LAYANAN

Berikut beberapa layanan yang ada di PRSG :

Layanan Iradiasi Neutron

Merupakan jenis layanan untuk permohonan iradiasi neutron (target) di RSG-GAS

Layanan Iradiasi batu topaz

Merupakan jenis layanan untuk permohonan iradiasi batu topaz di RSG-GAS

Layanan Penyediaan Air Bebas Mineral

Merupakan jenis layanan untuk permohonan penyediaan air bebas mineral

Layanan Siswa/Mahasiswa Praktek dan/atau Penelitian

Merupakan unit layanan bagi siswa dan mahasiswa yang berkeinginan untuk melakukan Magang/Praktek Kerja Lapangan, penelitian dan tugas akhir di Pusat Reaktor Serba Guna.

Layanan Kunjungan

Merupakan unit layanan yang membrikan kemudahan akses informasi terkait dengan kunjungan ke Reaktor Serba Guna dan fasilitas Badan Tenaga Nuklir Lainnya.

Layanan Informasi Publik

Merupakan jenis layanan yang memberikan kemudahan akses informasi kepada publik/masyarakat.

Layanan Pengaduan

Merupakan unit layanan yang mengelola pengaduan berupa masukan, kritik, saran dan informasi dari masyarakat sebagai bahan evaluasi dan analisis kinerja PRSG menuju tata kelola lembaga litbang yang lebih baik.

Layanan Whistle Blowing System (WBS)

Merupakan unit layanan yang mengelola laporan tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) baik diterima maupun ditolak oleh diri sendiri sebagai penerima atau penolak maupun melaporkan tindakan yang dilakukan Aparatur sipil Negara (ASN) yang bertugas di Pusat Reaktor Serba Guna BATAN.




Visitor Counter

Flag Counter