Slide item 1

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

WTP

Opini WTP

BATAN telah 6 X sejak tahun 2009 menerima opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK

Jakarta (16/03/2017) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kini telah memiliki Tim Pemberantasan Pungutan Liar yang telah dibentuk dengan Keputusan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Nomor: 38/KA/II/2017 yang merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang  Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Tim Pemberantasan Pungutan Liar diketuai oleh Kriswanto, SE dan Dra. Mari Indriana selaku Penanggung Jawab. Pungutan Liar atau lebih dikenal dengan sebutan "pungli" Adalah pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau di pungut di lokasi atau pada kegiatan tersebut tidak sesuai ketentuan. Sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana.

Pungutan Biaya Yang Termasuk Kriteria Pungli dapat berupa: Segala pungutan dilakukan oleh Oknum petugas dan atau Calo dengan nilai lebih dari yang telah ditetapkan pemerintah, seperti harga tiket dan atau biaya administrasi lebih dari yang telah ditetapkan pemerintah. Segala pungutan dilakukan oleh Oknum petugas dan atau Calo dengan maksud untuk lebih memperlancar dan atau mempercepat pengurusan administrasi/pelayanan terhadap Publik, contohnya biaya dweling time, biaya administrasi untuk memperlancar pengurusan perijinan dan atau suatu kegiatan.

Tim Pemberantasan Pungutan Liar memiliki beberapa tugas diantaranya: Melakukan pengumpulan data dan informasi dari unit kerja dan pihak lain terkait pemberantasan pungutan liar. Mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemberantasan pungutan liar. Memberikan rekomendasi kepada Kepala BATAN untuk memberikan sanksi kepada pelaku pungutan liar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Melaksanakan evaluasi kegiatan pemberantasan pungutan liar. Setelah pembentukan Tim Pemberantasan Pungutan Liar ini dibentuk akan segera dilakukan beberapa kegiatan sebagai rencana aksi kegiatan seperti Sosialisasi pemberantasan pungutan liar di lingkungan BATAN, Pelaksanaan kegiatan pemberantasan pungutan liar di BATAN, Evaluasi kegiatan pemberantasan pungutan liar dan Pembuatan laporan teknis kegiatan pemberantasan pungutan liar. Diharapkan dengan adanya Tim Pemberantasan Pungutan Liar ini masyarakat yang mengalami maupun yang mengetahui adanya Pungli dapat segera melapor. STOP PUNGLI ! Ada Pungli, Lapor Segera !!