Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Jakarta, 05/04/2021) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan dalam sambutan pada upacara pelantikan Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional mengatakan, sebagai pejabat fungsional, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mampu bekerja lebih profesional. “Menjadi ASN dengan jabatan fungsional hendaknya dapat bekerja lebih profesional dan berkinerja tinggi,” ujar Anhar, pada upacara pelantikan yang diselenggarakan secara hybrid, Senin (05/04).

Ia menegaskan, menjadi pejabat fungsional hendaknya tidak berfikir hanya untuk dirinya sendiri atau mengerjakan pekerjaan yang ada nilai kreditnya saja. Namun harus tetap mengerjakan pekerjaan yang memang diperlukan oleh lembaga meskipun itu tidak mengandung angka kredit. 

“Pejabat fungsional tidak berarti bekerja melayani diri sendiri demi kenaikan jenjangnya saja, namun tetap harus memperhatikan capaian kinerja baik secara individu maupun organisasi,” tambahnya.

(Jakarta, 18/03/2021) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melaksanakan vaksinasi COVID-19. Vaksin pertama secara bertahap diberikan untuk para pegawai Kawasan Nuklir Kantor Pusat dan Kawasan Nuklir Pasar Jumat, yang dilaksanakan di area Gedung Utama, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi BATAN, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta.

Panitia pelaksana vaksinasi COVID-19 BATAN, Heru Prasetio mengatakan, tercatat terdapat 811 pegawai yang dapat mengikuti vaksinasi COVID-19 hari ini, Kamis (18/03).

"Total ada 8 vaksinator hari ini, 2 orang dari BATAN dan 6 orang dari Rumah Sakit Prikasih,” tutur Heru.

(Jakarta, 10/03/2021). Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan, melantik Roziq Himawan sebagai Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR). Sebelumnya, Roziq Himawan menjabat sebagai Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN). PAIR adalah salah satu unit kerja di BATAN yang hasil litbangnya sangat aplikatif untuk masyarakat. “Kepada Kepala PAIR yang baru dilantik, saya berpesan agar rekan-rekan di PAIR berkolaborasi tidak hanya di lingkungan PAIR tapi juga dengan semua pihak-pihak terkait. Kolaborasi adalah kata kunci untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya untuk masyarakat, dan berdaya guna untuk kepentingan nasional,” ungkap Anhar saat memberikan sambutan pada Upacara Pelantikan, di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) BATAN, Yogyakarta, Rabu (10/03).

(Jakarta, 20/02/2021) Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Nasional yang sekarang menjadi Batan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) periode 1984 – 1996, Djali Ahimsa tutup usia, Jumat (19/02). Sebelumnya Djali Ahimsa sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RSPON) akibat sakit yang dideritanya beberapa hari terakhir.

Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak. Semasa hidupnya, almarhum telah banyak berjasa pada perkembangan nuklir di Indonesia. Pria kelarhiran 31 Mei 1931 di Bagan-Siapiapi, Riau menapaki karirnya di BATAN diawali dengan menjadi Kepala Proyek Pembangunan Reaktor TRIGA di Bandung tahun 1960.

Kiprahnya di bidang nuklir tidak hanya di tingkat nasional, melainkan juga di tingkat internasional yakni di Badan Tenaga Atom Internasional / International Atomic Energy Agency (IAEA). Berbagai penghargaan diberikan negara kepada Almarhum diantaranya Satyalancana Pembangunan tahun 1968, Bintang Jasa Utama tahun 1993, dan Bintang Mahaputra Utama (III) tahun 1995.

(Jakarta, 04/01/2021) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan berpesan kepada para Pimpinan Tinggi Madya (PTM) untuk terus berupaya mewujudkan empat pilar strategis BATAN. Hal ini disampaikan Anhar pada pelantikan dua PTM di lingkungan BATAN di Kantor Pusat, Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan Jakarta Selatan, Senin (04/01).

Kedua PTM yang dilantik adalah Agus Sumaryanto sebagai Sekretaris Utama menggantikan Falconi Margono yang saat ini menjabat sebagai Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Utama, dan Totti Tjiptosumirat sebagai Deputi Pendayagunaan Teknologi Nuklir menggantikan Hendig Winarno yang saat ini menjabat sebagai Peneliti Utama.

BATAN di masa yang akan datang, menurut Anhar, akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan tidak mudah. Namun dengan semangat dan motivasi yang tinggi semua tantangan itu akan dapat teratasi dengan baik.

Untuk itulah, sebagai PTM yang baru dilantik, Anhar mengajak untuk selalu memperhatikan empat pilar strategi BATAN. Pertama, menjadikan BATAN sebagai organisasi yang modern, yaitu organisasi yang mampu beradaptasi terhadap perubahan yang cepat.