Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Jakarta, 18/10/2019) Bertempat di Gedung Pertemuan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Kawasan Nulir Pasar Jumat, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melantik 38 pegawainya untuk menduduki jabatan struktural dan fungsional, Jumat (18/10). Dari jumlah tersebut, 4 diantaranya sebagai pejabat struktural dan 34 sebagai pejabat fungsional.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari perkembangan sebuah organisasi. “Dalam pelantikan terdapat promosi dan rotasi jabatan pada suatu oganisasi adalah sesuatu yang wajar,” kata Anhar.

Kepada pejabat struktural yang baru dilantik, Anhar berpesan, sebagai pejabat pejabat harus menjalankan tugasnya secara clean goverment dan good government. Sedangkan pejabat fungsional secara teknik harus mempu melakukan penelitian dan pengembangan dengan baik.

(Jakarta, 26/09/2019). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar Seminar Kearsipan dengan tema “Penyelamatan Arsip Negara dan Penegakan Perundang-Undangan Kearsipan” yang diselenggarakan di kantor BATAN Kawasan Nuklir Pasar Jum’at, Jakarta. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pegawai BATAN bahwa arsip mempunyai nilai informasi yang berguna dan strategis bagi negara dan masyarakat umum. Kesadaran ini perlu terus ditingkatkan agar pegawai BATAN dapat mengelola arsipnya dengan baik.

Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir (PTN) BATAN, Hendig Winarno, dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai dengan UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dinyatakan bahwa, arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga negara dan kegiatan yang menggunakan sumber dana negara dinyatakan milik negara. “Karena milik negara, maka itu menjadi aset negara, harus dikelola dengan baik. Ada sanksi hukum, baik administrasi maupun pidana bagi yang lalai dalam mengelola arsip atau tidak mengelola arsipnya dengan baik, jadi hati-hati,“ kata Hendig.

       

(Jakarta,23/09/2019) Dalam rangka meningkatkan minat jabatan fungsional di Biro Umum dalam meneliti atau membuat karya tulis ilmiah, Biro Umum menggelar workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada hari Senin, 16 September 2019 di Kantor Pusat Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kegiatan Workshop ini diikuti beberapa fungsional yang ada di Biro Umum, antara lain Pengadaan Barang/Jasa, Arsiparis, Pranata Nuklir, Dokter Umum dan Dokter Gigi yang berjumlah 40 orang.

Acara ini terselenggara atas kerja sama Biro Umum dengan Komisi Pembina Tenaga Fungsional (KPTF) sebagai pelaksana dengan narasumber Bambang Parjono Widodo Tarigan Arsiparis Utama ANRI. Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Biro Umum Dendang Hermansyah. Dalam kesempatan ini Dendang menyampaikan beberapa tujuan workshop yaitu selain untuk mendapatkan angka kredit juga untuk semangat bagi pejabat fungsional di Biro Umum agar gemar menulis, mengingat KTI merupakan salah satu unsur penunjang dalam penilian jabatan fungsional.

(Jakarta, 17/08/2019). Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas BATAN kedepan. Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019 – 2024, sekaligus menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Republik Indonesia (RI), yakni SDM Unggul, Indonesia Maju.

“BATAN juga menempatkan penempatan kualitas SDM untuk menjadi SDM unggul sebagai salah satu prioritas ke depan melalui program Manajemen Pengetahuan Nuklir (Nuclear Knowledge Management/NKM),“ ucap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, saat menyampaikan sambutan upacara HUT Kemerdekaan RI ke - 74, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta, Sabtu (17/08).

(Jakarta,  15 Agustus 2019) Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Anatariksawan melantik 20 pegawai  sebagai pejabat struktural dan fungsional. Dari 20 pegawai yang dilantik pada hari Kamis, 20 Agustus 2019 di Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir BATAN, Kawasan Nuklir Pasar Jumat terdiri dari 5 pegawai dilantik sebagai pejabat struktural dan 15 pegawai sebagai pejabat fungsional.

Dalam sambutannya, Anhar Riza Antariksawan mengatakan bahwa pelantikan ini adalah pelantikan pertama kali yang ia lakukan sebagai Kepala BATAN untuk melantik dan mengangkat sumpah  kepada seluruh pegawai struktural dan fungsional. Kepala BATAN berpesan bahwa kepada pejabat selalu dingat-ingat terus bahwa sumpah ini adalah sumpah dengan kata pertama yang mengatakan Demi Allah dan itu janji yang harus ditaati bagi orang yang beragama. Bagi para pegawai yang baru dilantik bahwa kenaikan jabatan bukan berarti hanya kenaikan tunjangan kinerja saja, akan tetapi kenaikan ini juga untuk melakukan tanggung jawab kepada jabatannya masing-masing. Jabatan yang baru adalah salah satu tanggung jawab yang harus dilakukannya, selanjutnya bagi para pegawai dituntut untuk mempunyai Integritas, kejujuran dan tanggung jawab. Karena kejujuran dan tanggung jawab dalam integritas dapat selaras hidupnya antara pikiran, ucapan, hati nurani, dan tindakan.