Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Jakarta, 17/08/2019). Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu prioritas BATAN kedepan. Hal ini sejalan dengan visi pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2019 – 2024, sekaligus menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Republik Indonesia (RI), yakni SDM Unggul, Indonesia Maju.

“BATAN juga menempatkan penempatan kualitas SDM untuk menjadi SDM unggul sebagai salah satu prioritas ke depan melalui program Manajemen Pengetahuan Nuklir (Nuclear Knowledge Management/NKM),“ ucap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, saat menyampaikan sambutan upacara HUT Kemerdekaan RI ke - 74, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta, Sabtu (17/08).

Program NKM ini menurut Anhar sangat penting, mengingat celah usia dan pengetahuan yang lebar antara pegawai senior dan pegawai muda, serta berkurangnya beberapa kompetensi yang menopang pilar kegiatan BATAN ke depan. Ia mengajak seluruh pegawai BATAN untuk terus gencar melanjutkan kegiatan sharing knowledge, coaching, dan mentoring, serta menajamkan comunity of practices untuk mempersempit celah pengetahuan itu.

Ia juga menargetkan tahun depan akan mempercepat jumlah pegawai BATAN berpendidikan S2 dan S3, melalui mekanisme kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Tak ketinggalan pula, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) BATAN yang berlokasi di Yogyakarta, tahun depan akan berubah statusnya menjadi politeknik diharapkan akan mencetak SDM unggul.

“STTN yang akan berubah menjadi politeknik pada tahun depan juga ditargetkan akan menghasilkan SDM unggul yang selain terampil juga memiliki jiwa enterpreneurship serta cepat beradaptasi dengan dunia industri melalui program teaching industry,” terangnya.

Ia menghimbau kepada seluruh pegawai BATAN untuk terus menunjukkan bahwa SDM BATAN unggul dan lebih bisa inovatif. “Saya mengajak para profesor riset, pejafung utama bersama dengan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (PTM) untuk mengeksplorasi lebih banyak lagi berbagai sumber pendanaan riset. Kita jadikan berkurangnya anggaran tahun depan sebagai kesempatan untuk kita lebih kreatif. Ayo kita berani berkompetisi dan juga berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ajaknya.

Bertepatan dengan HUT ke – 74 RI ini, peneliti Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) BATAN, Wisnu Ari Adi, menerima penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya, atas peran aktifnya mengembangkan sains bahan industri nuklir dan bahan maju berbasis teknologi nuklir, melalui pengolahan mineral monasit menjadi Logam Tanah Jarang (LTJ) oksida, yang dijadikan sebagai bahan pembuatan cat anti deteksi radar untuk alat utama sistem pertahanan (alutsista) nasional.

Selain itu, 188 pegawai BATAN tahun ini juga menerima tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya, sebagai penghargaan atas darmabakti pegawai negeri sipil yang telah bekerja selama 10, 20, dan 30 tahun.

Sambutan Kepala BATAN pada HUT ke – 74 RI dapat dilihat pada tautan berikut:

Sambutan Kepala BATAN

(tnt).