Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Jakarta, 10/04/2020) Sebanyak 170 pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dilantik menduduki jabatan fungsional tertentu, Kamis (09/04). Pelantikan kali ini merupakan pertama kalinya dilakukan secara daring oleh Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan ditengah wabah Covid-19.

Anhar mengatakan, acara pelantikan kali ini dilaksanakan dengan cara berbeda sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Nasional nomor 10 Tahun 2020 yaitu secara daring atau online. "Acara pelantikan dan pengambilan sumpah ini kita lakukan karena merupakan hak setiap pegawai yang telah memenuhi syarat sesuai dengan peraturan yang berlaku meskipun harus dilakukan secara online," ujar Anhar.

Mekanisme pengambilan sumpah pada pelantikan kali ini dilakukan secara daring, yakni Kepala BATAN mengambil sumpah kepada 3 orang perwakilan pegawai yang ditunjuk secara tatap muka di Kantor Pusat BATAN, Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sedangkan yang lain, tetap mengucapkan sumpah dari tempat masing-masing melalui aplikasi video yang bisa disaksikan oleh peserta lainnya.

Anhar berpesan kepada mereka yang dilantik, sebagai pejabat fungsional tertentu maka tanggung jawabnya akan berubah dari sebelumnya. Jabatan fungsional tertentu dalam Lembaga Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan (Litbangjirap) menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan kinerja lembaga bertumpu kepada para pejabat fungsional tertentu.

"Apalagi mendatang tren beberapa jabatan struktural di lembaga akan berkurang, sebaliknya jumlah pejabat fungsional tertentu akan semakin meningkat," tambahnya.

Dari 170 pegawai yang dilantik, terdiri dari 121 Pranata Nuklir, 27 Peneliti, 6 Perekayasa, 3 Asisten Ahli, 4 Penyelidik Bumi, 3 Perancang Peraturan Perundang-Undangan, 1 Dokter, 2 Perawat, 1 Pranata Lab Kesehatan, dan 2 Instruktur. Diharapkan proses birokrasi maupun proses Litbangjirap menjadi semakin cepat.

"Dengan demikian sebagai lembaga Litbangjirap kita betul-betul bisa melakukan berbagai inovasi yang sangat ditunggu oleh masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: 172 CPNS Resmi Diangkat sebagai PNS BATAN

Pelantikan secara daring ini menurut salah satu peserta yang dilantik, Devina Pradnya Mayestika dari Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, dianggap sebagai pelantikan seperti layaknya, namun terkadang ada kendala pada jaringan internetnya, jadi lebih enak tatap muka. "Rasanya sama aja kayak ketika dilantik sebagai PNS pada Februari kemarin. Tapi dengan online ini kendalanya pada jaringannya yang terkadang putus," kata Devina.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan pelantikan atau yang lainnya dapat dilakukan secara daring selagi jaringan internetnya diperkuat. Ia berharap semoga pandemi Covid-19 ini segera selesai sehingga acara pelantikan seperti ini dapat dilakukan secara tatap muka. (Pur)