Workshop Sekretaris Pimpinan

Workshop Sekretaris Pimpinan

Perubahan berkomunikasi dan peningkatan profesionalisme Sekretaris Pimpinan dalam menunjang tugas pimpinan

Penyelamatan Arsip BATAN

PENYELAMATAN ARSIP BATAN

BATAN telah menyerahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Capaian Opini WTP

BATAN Capai Opini WTP 6X

Selama 6 tahun sejak 2009 BATAN mendapat penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas laporan pengelolaan keuangan yang telah sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku

Sertifikasi Sistem Majemen K3

Sertifikasi Sistem Manajemen K3

Biro Umum telah menerima sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penghargaan Kinerja Terbaik Kategori Anggaran Rendah

Penghargaan Kinerja Terbaik

Dengan keterbatasan anggaran yang ada, BATAN mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Ini dibuktikan dengan menerima penghargaan peringkat 1 Untuk Kinerja Lembaga pada kategori pagu rendah.

(Serpong, 08/05/2020). Di tengah situasi pandemi Covid-19, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Anhar Riza Antariksawan melantik dua orang peneliti ahli BATAN di Auditorium Gd. 71 Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan, Jum’at (08/05). Salah satu dari ahli peneliti yang dilantik adalah Hendig Winarno yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi BATAN Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir (PTN) dilantik sebagai Ahli Peneliti Utama bidang Kimia Radiasi, Perunut Isotop dan Kimia Farmasi. Sedangkan satu orang lainnya adalah Jupiter Sitorus Pane yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) BATAN dilantik sebagai Ahli Peneliti Madya bidang Teknologi Keselamatan Reaktor.

Dalam sambutannya Anhar menyampaikan bahwa pelantikan kali ini istimewa karena dua orang pejabat yang dilantik adalah mereka yang selama ini menduduki jabatan struktural sebagai pejabat tinggi di BATAN yang kemudian sudah saatnya untuk kembali pada jabatan fungsional. “Saya kira hal yang demikian akan terus berlangsung, juga untuk pejabat struktural lainnya pada saatnya nanti,” kata Anhar.

“Perubahan jabatan dari struktural ke fungsional, atau sebaliknya dari fungsional ke struktural adalah sesuatu yang biasa dalam suatu organisasi,” lanjutnya.

Menurut Anhar dimanapun kita berada, baik sebagai pejabat struktural maupun sebagai pejabat fungsional, kita semua bisa memberikan dan membaktikan yang terbaik dari diri kita untuk organisasi kita serta untuk bangsa dan masyarakat Indonesia. ” Bahkan ke depan, saya bisa bilang bahwa pejabat fungsional akan memegang peranan penting, tidak kalah pentingnya dengan pejabat struktural,” ujarnya.

Selanjutnya selaku pimpinan BATAN, Anhar menyampaikan ucapan selamat untuk Hendig Winarno yang akan menjalankan tugas sebagai Peneliti Utama di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) serta kepada Jupiter Sitorus Pane yang akan menjalankan tugas sebagai Peneliti Madya di Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir (PTKRN). “ Saya juga ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian, kinerja dan semua sumbangan tenaga maupun pikiran yang telah pak Hendig dan pak Jupiter berikan untuk BATAN selama menjabat sebagai pejabat struktural,” tutur Anhar.

Selain itu Anhar juga menyampaikan harapannya kepada para pejabat fungsional peneliti yang baru dilantik ini, bahwa BATAN akan sangat menunggu output kinerjanya. “Tentu dalam jabatan berikutnya yang diemban di pundak bapak-bapak sekalian juga tidak mudah. Saya sangat berharap bahwa nanti sebagai pejabat fungsional peneliti, kinerja pak Hendig dan pak Jupiter akan tetap sama, atau bahkan meningkat,” ujarnya.
Di akhir sambutannya, dalam situasi pandemi Covid-19 ini Anhar berharap dan berdoa agar kita semua, keluarga kita dan seluruh bangsa Indonesia dilindungi kesehatannya oleh Tuhan yang Maha Esa. “Mudah-mudahan bangsa Indonesia bisa melalui masa-masa sulit ini dengan baik sesegera mungkin,” pungkasnya. (my)