Slide item 2

Pertemuan Tingkat Menteri ke-13 FNCA (13th Ministerial Level Meeting) diselenggarakan di Hotel LeMeredien Jakarta, Indonesia pada tanggal 24 November 2012

Slide item 4

BATAN telah mendapatkan puluhan hak PATEN sebagai pengakuan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dalam berbagai karya dan inovasi para penelitinya

Slide item 5

Dirjen IAEA, Yukiya Amano mengunjungi fasilitas laboratorium Non Destructive Investigation (NDI) PAIR - BATAN

Slide item 5

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika anda mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

Slide item 6

Dengan kerja nyata, bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa maju, menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri dan berbudaya

(Banten, 19/01/2019) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) BATAN menyerahkan bantuan kepada pengungsi korban bencana tsunami 22 Desember lalu, di daerah Pandeglang, Banten. (19/01). Kegiatan ini merupakan bukti kepedulian Korpri BATAN atas musibah yang dialami saudara saudara kita yang terkena dampak tsunami yang hingga saat ini masih memerlukan banyak bantuan untuk memulihkan keadaan hingga normal kembali.

Bantuan disalurkan ke tiga titik lokasi terdampak bencana, yaitu Desa Cigarondong, Desa Tunggal Jaya, dan Desa Banyuasih. Ketiga lokasi tersebut merupakan desa yang terdampak tsunami dengan kerusakan yang parah . 

Korpri BATAN menyerahkan 800 Kg beras SIDENUK yang merupakan hasil penelitian BATAN di bidang pertanian, seragam sekolah, kasur lipat dan perlatan memasak yang disalurkan langsung ke tiga lokasi pengungsian.

Kepala Desa Banyuasih, Hasta menyampaikan rasa terima kasih kepada perwakilan dari korpri BATAN yang menyerahkan 120 paket beras SIDENUK. “Kami mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan yang bapak-bapak berikan, semoga seluruh amal baik yang telah bapak lakukan diberikan balasan yang setimpal oleh Allah SWT,” kata Hasta.

Untuk desa Tunggal Jaya disalurkan bantuan berupa paket seragam sekolah yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sumur, Ibnu Farid.  “Terdata oleh kami, ada 14 orang anak didik kami yang rumahnya rata dikarenakan tersapu oleh tsunami, mudah-mudahan dengan bantuan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional dapat meringakan beban yang diderita oleh anak-anak kami,” ujar Ibnu.

Lokasi terakhir bertempat di Desa Cigarondong, dimana desa tersebut mengalami kerusakan paling parah dibanding desa lainnya. Salah satu pengungsi, Waluyo, menuturkan kondisi desanya yang terkena tsunami. “Desa kami mengalami kerusakan paling parah, korban jiwa yang dialami berjumlah 1 orang, rendahnya korban jiwa ini disebabkan kesigapan perangkat desa yang mengkordinir warga agar cepat mengungsi ke dataran tinggi,” ujar Waluyo.

Di desa Cigarondong ini, diserahkan bantuan berupa kasur lipat, peralatan memasak dan 40 paket beras SIDENUK.

Perwakilan dari Korpri BATAN, Sumardi menyampaikan keprihatinan yang amat besar setelah melihat langsung kondisi yang dialami para pengungsi di lokasi kejadian dan berharap semoga bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban para pengungsi. “Alhamdulillah telah terkumpul bantuan dari perwakilan Korpri kawasan nuklir Yogyakarta, Bandung, Serpong, dan Jakarta, bantuan dapat langsung kami salurkan ke tiga lokasi yang terdampak bencana, dan semoga bantuan yang kami berikan dapat meringankan beban dari para pengungsi sekaligus menjadi penyemangat bagi mereka untuk melanjutkan kehidupan menjadi lebih baik,” ujar Sumardi. (an)