Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

Penguatan RB BATANPenguatan RB BATAN

(Jakarta, 23 Januari 2019) Keberlanjutan pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) memiliki peran penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. BATAN telah melaksanakan RB sejak tahun 2010. Hasil yang telah diperoleh dari pelaksanaan RB BATAN pada periode 2010-2018 menjadi dasar bagi pelaksanaan RB BATAN pada tahapan selanjutnya (tahun 2019) dan seterusnya. Karena itu, pelaksanaan RB BATAN 2019 merupakan penguatan dari pelaksanaan RB tahapan sebelumnya. Penguatan dilakukan melalui langkah memelihara, meningkatkan dan memperkuat hasil pelaksanaan RB BATAN 2010-2018 yang sudah mencapai kemajuan, sehingga terjadi perbaikan berkelanjutan dan melanjutkan langkah-langkah perubahan secara konsisten sebagai upaya untuk mempercepat keberhasilannya.

Rapat koordinasi dihadiri oleh para deputi dan ketua pokja 8 program area perubahan, pokja quick wins, pokja monev beserta seketariat RB BATAN membahas kemajuan dan rencana yg akan dilakukan 2019 untuk 8 program area perubahan, Quick Wins dan monev serta status RB BATAN 2019. Rakor RB buka Deputi TEN (Suryantoro), menjelasakan antara lain status Indeks RB BATAN terakhir di 2017 BATAN memperoleh 76.10, sehingga BATAN mendapatkan penyesuaian Tunjangan Kinerja yang baru dengan terbitnya Perpres 139 tanggal 28 Desember 2018, Hasil Evaluasi RB, SAKIP dan Zona Integritas (ZI) 2018 belum keluar dan exit meeting belum dilakukan oleh Tim KemenPANRB, kecuali ZI. BATAN sudah memperoleh apresiasi dan penghargaan 1 unit kerja PTLR sebagai WBBM dan Pusdiklat dan PTKMR sebagai WBK. Dalam sambutanmya, Deputi TEN mengharapkan di tahun 2019 dan ke depannya unit kerja yang lain dapat menyusulnya. Unit Kerja yang sudah mendapatkan penghargaan dapat menjadi contoh dan membina unit kerja yang lainnya. BATAN mentargetkan tahun 2019 dan tahun selanjutnya unit kerja dilingkungan BATAN dapat memperoleh 2 - 3 WBK/WBBM sehingga pada akhirnya semua unit kerja di BATAN dapat memperoleh minimal status WBK, sehingga semua unit kerja nantinya bisa memperoleh WBBM. Perolehan WBK/WBBM ini menunjukkan pelaksanaan RB sudah berjalan dengan baik di unit kerja dan pada akhirnya dapat meningkatkan Indeks RB BATAN.

Semua Pokja, diharapkan untuk memperhatikan rekomendasi hasil penilaian RB maupun SAKIP BATAN oleh KemenPANRB untuk segera ditindaklanjuti termasuk tindak lanjut dari rencana Aksi hasil PMPRB BATAN yang setiap awal tahun dilakukan, termasuk menyiapkan bukti dokumenya. Jadikan rekomendasi dari KemenPANRB dan PMPRB dalam upaya perbaikan untuk mempercepat pelaksanaan RB Reformasi Birokrasi di BATAN. Pada sambutan terakhir di penutupan Rakor Dep TEN mendorong litbang BATAN memperoleh hasil yang berguna untuk masyarakat dan memperoleh penghargaan baik di tingkat Nasional maupun Internasional, karena banyaknya hasil litbang yang bermanfaat dan perolehan penghargaan mencerminkan keberhasilan dalam pelaksanaan RB di BATAN.