Raker

Rapat Kerja BATAN merupakan agenda tahunan yang sangat penting.

Raker 2017

Rapat Kerja Merupakan Agenda Tahunan yang Sangat Penting

Slide item 3

Biro Perencanaan melakukan kegiatan Sosialisasi Laporan Kinerja Sestama/Deputi guna menghasilkan Lakin yang Berkualitas

(Serpong, 20/12/2019), “Be innovative, BATAN harus bisa bekerja dengan inovatif. Inovatif tidak hanya pada produknya saja namun juga dalam mengembangkan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (Litbangjirap), baik dari sisi pengelolaan maupun dari cara mencari sumber pendanaan juga harus inovatif,” ujar Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan pada saat memberikan arahan pada pembukaan Pra Rapat Kerja BATAN di Auditorium Gedung 71, Kawasan Nuklir Serpong.   

 “Di tahun 2020 BATAN mendapatkan anggaran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun 2019 yaitu Rp 710 miliar yang sebesar Rp 500 miliar merupakan dana operasional, maka BATAN dituntut untuk lebih inovatif terutama dalam mencari sumber pendanaan alternatif,” ungkap Anhar.

“BATAN didorong untuk meningkatkan pendapatan, jika sekarang BATAN hanya memiliki Penerimaan Negara Bukan Pajak sebagai sumber penghasilan maka perlu di coba untuk menaikan PNBP-nya” tambahnya.

BATAN akan perbanyak hilirisasi dan komersialisasi produk hasil litbang BATAN, terutama hasil penelitian yang sudah siap untuk digunakan oleh masyarakat. Langkah awalnya dengan mengidentifikasi produk – produk BATAN tingkat kesiapan dan kemampu terapan teknologinya sudah cukup tinggi sehingga untuk mendorongnya ke hilir akan lebih mudah.

Selain itu tiga reaktor riset yang dimiliki oleh BATAN secara umum utilisasinya masih bisa diangkat terus dan perlu kita dorong pemanfaatannya, tutur Anhar.

Kepala Biro Perencanaan, Ferly Hermana, ketika memberikan laporan pada pembukaan Pra Raker mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana konsolidasi kebijakan di BATAN.

“Bahwa inti dari Kegiatan Pra Raker adalah konsolidasi di internal BATAN dalam rangka melanjutkan kebijakan – kebijakan untuk melaksanakan kegiatan kedepan untuk pencapaian target yang telah disasarkan didalam renstra,” ungkap Fery Hermana. 

Pra Raker  dilaksanakan diakhir tahun anggaran sebagai forum untuk melakukan koordinasi sebelum melaksanakan kegiatan di tahun anggaran yang baru. Selain itu juga untuk membahas beberapa isu yang agak mendesak dan harus segera diselesaikan.

Beberapa hal yang dibahas dalam pra raker kali ini adalah mengenai matriks kinerja Renstra BATAN 2020 – 2024, Identifikasi dan kajian pengurangan eselon III dan IV, dan format sasaran kinerja pegawai. (SET)