Tata Naskah BATAN

Salah satu misi BSDMO adalah melaksanakan pengelolaan dan penyajian data dan informasi SDM BATAN secara cepat, tepat, akurat dan pemanfaatannya secara optimal

Penerimaan CPNS 2019

Penerimaan CPNS 2019

BATAN berhasil mendapatkan CPNS sebanyak 173 pegawai pada tahun 2019

Team Building Tahun 2019

Team Building Tahun 2019

BSDMO BATAN melaksanakan Team Building sebagai salah satu cara untuk memperat kerjasama dan kebersamaan dalam organisasi

(Bandung, 19/08/2019) “2024 Aparatur Sipil Negara (ASN) Indonesia siap menjadi aparatur kelas dunia” demikian ungkap DR. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl., S.E., M.Eng. Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada Rapat Koordinasi Kepegawaian dan Kelembagaan BATAN Tahun 2019 yang bertempat di Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara, Bandung pada Senin (19/08). Iwan, begitu Ia biasa dipanggil, berpesan kepada para pejabat struktural dan pejabat kepegawaian BATAN agar ASN milenial diberi porsi dalam bekerja. “Berikan mereka peluang juga tantangan agar memotivasinya dalam bekerja, ASN milenial adalah insan yang berkualitas beri mereka tantangan maka mereka akan lebih kreatif,” ujar Iwan.

Untuk melakukan reformasi birokasi perlu konsistensi dan waktu, lebih selektif dalam merekrut ASN baru adalah salah satu upaya Kemenpan RB dan BKN untuk mendukung hal tersebut. "ASN milenial dituntut untuk membantu pemerintah melakukan rebranding ASN, menghilangkan stigma mengenai pegawai negeri sipil yang telah terbentuk di masyarakat saat ini," tambah Iwan.

Falconi Margono, Sekretaris Utama Badan Tenaga Nuklir Nasional dalam arahannya mengungkapkan bahwa tuntutan kedepan akan begitu besar. “Tantangan berat harus dijawab dengan kapasitas dan kompetensi yang lebih, untuk itu kita harus bisa mengisi PNS milenial dengan kemampuan yang lebih,” ujar Falconi.

“Multitalent adalah penting, untuk itu salah satu upayanya adalah bagaimana mengoptimalkan Nuclear Knowledge Management. Ini menjadi salah satu strategi untuk mentransfer pengetahuan kepada para milenial,” tambah Falconi.

Tantangan lain adalah berkaitan dengan program BATAN, menyiapkan sumber daya manusia BATAN untuk mengembangkan serta mewujudkan terbangunnya PLTN di Indonesia. Transfer pengetahuan harus bisa dilakukan, untuk itu kapasitas pembangunan SDM  harus ditingkatkan terutama peningkatan skill dan kompetensi.

Rapat Koordinasi Kepegawaian dan Kelembagaan BATAN Tahun 2019 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BATAN. Tahun ini mengusung tema Pemberdayaan SDM dan Penguatan Kelembagaan Guna Mendukung Pencapaian Tujuan Strategis BATAN.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan media bagi petugas kepegawaian untuk saling berkoordinasi, bagaimana bersama-sama menyiapkan SDM BATAN untuk melaksanakan renstra BATAN 2020 -2024,” ujar Hadi Susilo, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (BSDMO) BATAN.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menyatakan tahun 2019 dan seterusnya SDM mempunyai peran yang sangat penting sehingga pemerintah melalui kebijakannya dengan tagline SDM Unggul, Indonesia Maju yang juga menjadi perhatian BATAN, kondisi SDM BATAN yang saat ini sebagian besar usianya sudah diatas 50 tahun menjadi perhatian khusus, bagaimana kita merencanakan SDM kedepan,” jelas Hadi. (SET)