Tata Naskah BATAN

Salah satu misi BSDMO adalah melaksanakan pengelolaan dan penyajian data dan informasi SDM BATAN secara cepat, tepat, akurat dan pemanfaatannya secara optimal

Penerimaan CPNS 2019

Penerimaan CPNS 2019

BATAN berhasil mendapatkan CPNS sebanyak 173 pegawai pada tahun 2019

Team Building Tahun 2019

Team Building Tahun 2019

BSDMO BATAN melaksanakan Team Building sebagai salah satu cara untuk memperat kerjasama dan kebersamaan dalam organisasi

(Jakarta, 03/02/2020). Hasil seleksi administrasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Tahun Anggaran 2019 telah diumumkan pada Desember 2019 lalu. Tercatat, 3.566 pelamar yang mendaftar secara online, dan yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 2.278 pelamar. Tahap selanjutnya, pelamar mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di 3 kota, yakni di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta.

Seperti tahun sebelumnya, SKD berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang terdiri dari 3 materi, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Penentuan kelulusan peserta SKD didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan.

“BATAN membuka untuk kategori umum, cumlaude, disabilitas, dan putra/putri Papua/Papua Barat yang berbeda nilai ambang batasnya, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 24 tahun 2019,” jelas Panitia Seleksi CPNS BATAN 2019, Siti Komariah, saat diwawancara di sela-sela pelaksanaan SKD di Kantor Regional V, Badan Kepegawaian Negara, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (03/02).

Ia menuturkan, penerimaan CPNS BATAN kali ini agak sedikit berbeda dengan sebelumnya, dimana BATAN untuk pertama kali melakukan verifikasi dokumen administrasi pelamar secara online. Selain itu, pelamar diberi kesempatan untuk melakukan sanggahan terhadap hasil seleksi administrasi.

“Ada masa sanggah selama 3 hari setelah seleksi administrasi, untuk memberi kesempatan para pelamar yang ingin menyanggah hasil seleksi administrasi. Dalam waktu 7 hari, instansi (BATAN) harus menjawab sanggahan tersebut,” tambah Siti Komariah.

Terdapat 156 formasi pada penerimaan CPNS BATAN 2019, antara lain formasi dokter, peneliti, pranata nuklir, analis kepegawaian, pranata humas, widyaiswara, dan sebagainya.

“Kami berharap CPNS yang nanti diterima menjadi PNS yang profesional, memiliki moral dan perilaku yang baik, serta berkontribusi untuk memajukan BATAN,” harap Siti Komariah.

SKD telah dilaksanakan di Bandung pada tanggal 30 hingga 31 Januari 2020, dan Jakarta pada tanggal 1 hingga 3 Februari 2020. SKD di Yogyakarta akan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 4 Maret 2020.

Tahapan selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang akan diikuti oleh pelamar yang lulus SKD dan merupakan peringkat 3 terbaik untuk masing-masing formasi yang dibutuhkan pada jabatan. SKB terdiri dari SKB dengan menggunakan CAT, wawancara, TOEFL, dan penulisan makalah. Tahapan SKB direncanakan akan berlangsung pada antara bulan Maret hingga April 2020.

Pelamar diminta untuk terus memantau setiap perkembangan informasi terkait pelaksanaan CPNS BATAN hanya melalui website cpns.batan.go.id (tnt).