Tata Naskah BATAN

Salah satu misi BSDMO adalah melaksanakan pengelolaan dan penyajian data dan informasi SDM BATAN secara cepat, tepat, akurat dan pemanfaatannya secara optimal

Penerimaan CPNS 2019

Penerimaan CPNS 2019

BATAN berhasil mendapatkan CPNS sebanyak 173 pegawai pada tahun 2019

Team Building Tahun 2019

Team Building Tahun 2019

BSDMO BATAN melaksanakan Team Building sebagai salah satu cara untuk memperat kerjasama dan kebersamaan dalam organisasi

(Jakarta, 03/09/2020). Setelah sempat tertunda akibat pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), kini para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Formasi Tahun 2019 dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan Computer Assisted Test  (CAT), yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tes berlangsung di BKN Pusat dan Kantor Regional/UPT BKN dengan menerapkan protokol kesehatan.

Koordinator Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia BATAN, Sony Emanuel, mengatakan, adanya pandemi COVID-19 membawa perubahan dalam seleksi penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019.

“Penerimaan CPNS 2018 sebelum ada pandemi dulu, pada saat SKB dipusatkan  di BKN Pusat, Cililitan, Jakarta Timur, dan wawancara dilaksanakan di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta. Sedangkan penerimaan CPNS 2019, setiap peserta tes boleh memilih lokasi SKB di Kantor Regional atau UPT BKN di seluruh Indonesia di 34 titik lokasi,” jelas Sony.

Kebijakan ini diambil, menurutnya, agar dapat mengurangi pergerakan para peserta tes datang ke Jakarta. Dengan demikian, peserta tes diharapkan mengikuti SKB di Kantor Regional/UPT BKN di lokasi terdekat peserta tes saat ini berada.

Para pelamar CPNS BATAN Formasi 2019 mengikuti SKB diantaranya di BKN Pusat, Jakarta, Kanreg/UPT Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Aceh, hingga Balikpapan.

Peserta tes diwajibkan untuk datang 2 jam sebelum tes berlangsung, wajib mengenakan masker, dan hanya boleh membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu peserta, dan pensil kayu saat memasuki ruang ujian.

Tercatat, sebanyak 404 pelamar CPNS BATAN yang sebelumnya lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak mengikuti SKB. SKB terdiri dari SKB dengan menggunakan CAT yang diselenggarakan BKN dengan bobot penilaian 60 persen, wawancara secara daring dengan bobot penilaian 25 persen, dan pengiriman makalah dengan bobot penilaian 15 persen. Sedangkan untuk tes TOEFL yang semula direncanakan menjadi bagian dari SKB, kini ditiadakan.

“SKB CPNS 2019 tidak ada TOEFL, karena BATAN tidak mengadakan wawancara secara offline. Wawancara akan dilakukan secara daring yang nanti akan dijadwalkan, sedangkan pengiriman makalah oleh peserta dilakukan untuk mengukur kompetensi peserta tes terkait dengan jabatan yang dilamar,” tambah Sony.

Untuk kelulusan SKB dengan CAT BKN, lanjut Sony, tidak ada standar minimal yang ditentukan seperti pada saat SKD sebelumnya. Peserta akan diranking dari nilai tertinggi sampai terendah.

“Nanti nilai SKD dan SKB digabungkan, dengan bobot SKD sebesar 40 persen dan bobot SKB sebesar 60 persen. Peserta yang nilainya tertinggi dinyatakan lulus CPNS BATAN,” urainya.

Baca juga: Pelamar CPNS BATAN Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar

Terdapat 156 formasi untuk penerimaan CPNS BATAN Formasi Tahun 2019 yang dapat diisi oleh 156 orang CPNS, seperti pranata nuklir, perencana, peneliti, pranata humas, pengawas radiasi, dan sebagainya.

Namun Sony mengatakan, tidak semua formasi akan terisi, mengingat terdapat 11 formasi yang tidak ada pelamarnya atau pelamarnya dinyatakan tidak lulus SKD karena tidak memenuhi syarat nilai minimal yang ditetapkan oleh Kementerian Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, diantaranya analis kepegawaian, arsiparis, dan verifikator keuangan.

Pelaksanaan SKB CPNS di seluruh instansi dijawalkan berlangsung pada 1 September hingga 1 Oktober 2020. Para pelamar CPNS BATAN diminta untuk terus memantau informasi terkait penerimaan CPNS melalui laman cpns.batan.go.id (tnt).