HUT RI tahun 2020
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

(Serpong, 08/01/2021), Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan bagian terpenting dalam jalannya roda pemerintahan di Indonesia dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Keberadaan ASN sangatlah dibutuhkan dalam menjawab segala kebutuhan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan birokrasi pemerintahan. Peran ASN jika dilihat daripenjabaran diatassangatlah penting dan strategis, namun juga memiliki potensi-potensi yang memungkinkan terjadinya penyimpangan yang dilaksanakan oleh ASN untuk mengeruk kepentingan baik untuk pribadi maupun golongan. Untuk menghindari hal tersebut, ASN perlu dibekali dengan keilmuan terkait kode etik dalam jajaran birokasi pemerintahan.

(Tangerang Selatan, 7 Januari 2021) Awal tahun 2021 Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) menerima kedatangan 14 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil penerimaan CPNS tahun 2019. Pada Senin (4/1/2021) seluruh CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengikuti upacara penyambutan secara resmi oleh Kepala BATAN dan diteruskan dengan penyerahan SK CPNS secara simbolis kepada perwakilan CPNS.

Dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman CPNS mengenai visi, misi, tugas, fungsi dan peran organisasi, PTRR menyelenggarakan kegiatan pembekalan CPNS 2019. Mengingat kondisi pandemi seperti saat ini, maka pembekalan dilakukan secara daring dari lokasi masing-masing. Pada hari pertama, pegawai CPNS menerima materi dasar proteksi radiasi. Proteksi radiasi merupakan bekal utama bagi pegawai untuk dapat bekerja di instalasi nuklir. Pada hari kedua, pegawai CPNS menerima materi mengenai profil PTRR, proses bisnis, Renstra, profil bidang/bagian yang disampaikan oleh kepala PTRR, koordinator dan subkoordinator. Dengan diberikannya materi ini diharapkan pegawai CPNS memiliki pemahaman yang paripurna mengenai organisasi tempat dimana mereka bekerja, tidak hanya paham terkait dengan tugas dan internal bidangnya. tetapi juga keseluruhan proses kegiatan termasuk tugas, fungsi dan peran bidang/bagian lain. 

Pada hari ketiga, pegawai CPNS rencananya akan dikenalkan secara resmi kepada seluruh pegawai PTRR melalui daring. Hal tersebut mengingat, penerapan protokol kesehatan di lingkungan perkantoran. Agenda pembekalan CPNS berikutnya adalah kegiatan storytellling yaitu kegiatan berbagi pengetahuan, pengalaman dan motivasi yang akan disampaiakn oleh para pegawai PTRR dari tiga generasi, yaitu pegawai senior, pegawai muda dan pegawai CPNS 2 tahun sebelumnya.  

Dengan dilaksanakannya serangkaian kegiatan pembekalan CPNS 2019 diharapkan para pegawai CPNS 2019 nantinya dapat beradaptasi dengan mudah di lingkungan baru, dengan dasar pengetahuan yang cukup dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk menunjukkan kinerjanya.-Mariska-

 

Jakarta (21/12/2020). Untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tidaklah mudah, harus ada komitmen semua unsur untuk mencapainya. Setiap unsur sebagai bagian dari unit kerja harus memiliki motivasi untuk mengubah mindset dari dilayani menjadi melayani. Karena selama ini sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah merasa berada di zona nyaman, sehingga sulit untuk di ajak berubah meskipun sedikit saja.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan Eko Madi Parmanto, yang pada tanggal 21 Desember 2020 kemarin, saat menerima predikat WBK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

(Serpong, 09/12/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu unit kerja BATAN yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam melakukan kegiatan pengelolaan dan pengoperasian reaktor RSG-GAS untuk mewujudkan visi dan misi BATAN dalam mendukung program kerja pemerintah, sudah memiliki usia yang cukup berumur yaitu 33 tahun (agustus 2020). Selama menjalankan pengoperasian reaktor tersebut, tentu bukan suatu pengoperasian alat yang biasa saja, melainkan harus menjamin keselamatan baik reaktor itu sendiri maupun lingkungan sekitar agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

(Serpong, 09/12/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu unit kerja BATAN yang memiliki pelayanan pengoperasian reaktor RSG-GAS memiliki tugas untuk mewujudkan visi dan misi BATAN dalam mendukung program kerja pemerintah. Memasuki tahun anggaran 2021, PRSG BATAN melakukan kaji ulang manajemen (KUM) tahun 2020 untuk mempersiapkan diri dengan tantangan yang akan dihadapi di tahun 2021 yang akan datang, yaitu dengan menyiapkan sasaran dan target manajemen yang akan ditetapkan sehingga perjalanan organisasai PRSG di tahun 2021 sejalan dengan visi dan misi BATAN serta pemerintah Indonesia.