Pengumuman Penerimaan CPSN 2019
sucofindo
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

(Serpong, 27/01/2020) Salah satu instrumen seifgard yang digunakan IAEA (International Atomic Energy Agency) untuk memonitoring operasi reaktor bahwa reaktor dioperasikan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati di PRSG (Pusat Reaktor Serba Guna) BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) adalah ATPM (Advance Thermo-hydraulic Power Monitor). Alat ini sudah terpasang di PRSG sejak tahun 1997, upgrade pertama dilakukan tahun 2003. Selama 23 tahun ini, baru dilakukan perbaikan kembali pada 23 hingga 25 Januari kemarin. Perbaikan dilakukan bertujun untuk menjaga performa ATPM agar berjalan memonitoring operasi reaktor dengan baik.

(Serpong, 24/01/2020) Peningkatan kinerja reaktor serba guna G.A Siwabessy merupakan suatu tantangan tersendiri yang dilakukan oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk melayani masyarakat indonesia dalam memanfaatkan ilmu ketenaganukliran khususnya yang dihasilkan oleh reaktor. Tantangan tersebut timbul karena umur sruktur sistem dan komponen (SSK) reaktor yang sudah mengalami penuaan (33 tahun semenjak diresmikan), sehingga dibutuhkan kajian dan revitalisasi SSK untuk dapat memperpanjang izin operasi reaktor G.A Siwabessy.

(Jakarta, 22/01/2020). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menjadi koordinator Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020 – 2024 di bidang kesehatan, yakni pengembangan radioisotop dan radiofarmaka untuk diagnosis dan terapi berbagai penyakit.

Output-nya akan menghasilkan produk radioisotop dan radiofarmaka yang diharapkan dalam 5 tahun kedepan mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” jelas Anhar saat bertemu dengan beberapa wartawan media nasional, di Jl. Barito, Jakarta, Kamis (22/01).

(Tangerang Selatan, 21/01/2020) 

Guna meningkatkan kekompakan dan memaksimalkan kinerja peneliti yang berada di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam mendukung pengembangan riset bidang nuklir, Batan mengadakan sosialisasi E-peneliti di ruang Auditorium Gd. 71.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Prof Dr. Efrizon Umar, M.T  selaku kepala Deputi Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN), dihadiri oleh seluruh Pengurus Majelis  Asesor Peneliti Badan Tenaga Nuklir Indonesia (MAPI BATAN) dan seluruh Fungsional Peneliti yang berada di kawasan nuklir serpong, kawasan nuklir pasar jumat dan kantor pusat Batan.  Dalam sambutannya Efrizon Umar mengatakan bahwa Peneliti merupakan salah satu ujung tombak pelaksanaan kegiatan sehingga sepatutnya format sasaran kerja pegawai (SKP) dibuatkan standar yang baku agar sesuai dengan aturan-aturan terkait yang berlaku sehingga target lembaga atau unit kerja tercapai maupun kewajiban sebagai fungsional peneliti terpenuhi.

Kemudian acara selanjutnya sosialisasi penggunaan Aplikasi E-peneliti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Dani Gustaman Syarif, M.Eng. Tujuan penggunaan E-peneliti untuk mempermudah peneliti dalam pelaporan dokumen dan kalim HKM, ujarnya. (FPP)

(Serpong, 15/01/2020) Kepala Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Ir. Yusi Eko Yulianto mengundang para millenials PRSG untuk menghadiri acara Pemberian Motivasi Kerja Pegawai Baru, yang diadakan di Ruang Rapat Siwabessy PRSG, Rabu (15/01). Acara tersebut dihadiri para millenials yang merupakan CPNS PRSG angkatan 2018 dan 2019. 

Acara yang dikhususkan untuk pegawai baru ini berlangsung hangat tanpa ada rasa canggung dari peserta dan Kepala PRSG. Dalam membuka acara tersebut, Yusi menyampaikan sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir, dan memperkenankan peserta untuk memperkenalkan diri.