HUT RI tahun 2020
Corona-19
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka
Anti Narkoba 1
Anti Narkoba 2

Tangerang Selatan 12/4/2021 Sebanyak 12 pegawai Pusat Teknologi Radioisotop dan Radiofarmaka (PTRR) menjalani ujian sertifikasi personel yang diselenggarakan oleh Pusat Standardisasi Mutu Nuklir (PSMN). Hasil dari ujian tersebut nantinya sebagai dasar untuk proses selanjutnya yaitu penerbitan Surat Ijin Bekerja (SIB) Operator Produksi Radioisotop dan Radiofarmaka oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Sebagian besar pegawai PTRR yang mengikuti ujian sertifikasi personel merupakan pegawai dengan masa kerja paling sedikit dua tahun. Percepatan pemenuhan kompetensi pegawai salah satunya melalui sertifikasi personil merupakan bagian dari program Manajemen Pengetahuan Nuklir/MPN (Nuclear Knowledge Management/NKM) PTRR. Kebutuhan radioisotop dan radiofarmaka yang semakin meningkat, mutu produk yang harus tetap terjaga serta banyaknya personel kunci yang memasuki purnabakti dalam 5 tahun terakhir, mendorong PTRR untuk segera menyiapkan SDM yang kompeten di tiap-tiap bidang. Dalam 3 tahun terakhir, PTRR menerima banyak CPNS untuk disiapkan sebagai pengganti sekaligus dalam rangka mempertahankan kompetensi organisasi yang dimiliki.

Ujian sertifikasi personel dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 12-13 April 2021 dimana pada hari pertama dilakakukan ujian praktek di fasilitas laboratorium radioisotop dan radiofarmaka dan ujian tertulis di hari kedua di Pusat Standardisasi Mutu Nuklir (PSMN). Semoga dengan dilaksanakannya ujian sertifikasi personil bagi pegawai PTRR, semakin meningkatkan kompetensi pegawai sekaligus menjaga eksistensi PTRR dalam bidang produksi radioisotop dan radiofarmaka.

Ujungwatu (11/04/2012); Salah satu poin dari tri dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, adalah pengabdian kepada masyarakat. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) BATAN sebagai perguruan tinggi juga berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu kegiatan nyata nya adalah mengembangkan penangkaran padi di Ujungwatu guna memenuhi kebutuhan benih padi varietas unggul untuk masyarakat Ujungwatu dan sekitarnya serta Jepara pada umumnya.

Minggu pagi, dilaksanakan Panen Raya penangkaran padi varietas unggul Sidenuk dan Mira 1 di lahan fasilitas monitoring BATAN di desa Ujungwatu, kecamatan Donorojo, kabupaten Jepara. panen kali ini adalah yang kedua sejak kegiatan pengabdian kepada masyarakat STTN dicetuskan. Meskipun ditanam di lahan kering dan gersang, berkat ketelatenan penangkar BATAN dicapai hasil ubinan 10,275 ton/ha gkp. Hasil penangkaran ini diharapkan dapat terserap bagi para petani yang membutuhkan padi varietas unggul BATAN

(Serpong, 06/04/2021) Klinik BATAN Kawasan Nuklir Sepong (KNS) selalu rutin mengadakan acara Bincang Kesehatan, topik yang diangkat kali ini adalah Makananku Kesehatanku. Acara diadakan secara daring dan diikuti oleh pegawai BATAN dengan jumlah sekitar 150 orang.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN), Budi Prasetyo dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh rekan yang bertugas di Klinik BATAN KNS karena di tengah kesibukan menyiapakan acara vaksinasi covid 19 yang ke-2 di KNS masih sempat menyelenggarakan acara ini. Acara Bincang Kesehatan ini dikemas secara santai jadi kepada seluruh peserta silahkan dimanfaatkan untuk saling berdiskusi dan berbagi pengalaman, ujarnya.

Sebagai moderator dr. Leonardo Sitanggang mengawali acara Bincang Kesehatan ini dengan memaparkan data hasil pemeriksaan berkala pegawai di KNS tahun 2020 dengan 3 kasus terbanyak yaitu obesitas (51, 24%), hipertensi (30,62%), dan hiperglikemi (30,12%). Materi kali ini dipilih untuk menyingkapi hasil pemeriksaan tersebut, tambahnya.

Narasumber Bincang Kesehatan dr. A Firmansah, SpGK, MKes menjelaskan materi secara jelas dan menarik, sehingga seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara hingga selesai. Selama kurang lebih dua jam beliau memaparkan presentasi kepada seluruh peserta, dan acara Bincang Kesehatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab. (rmnsrmn)

Bombana (04/04/2021) Hari minggu lalu, seratusan perwakilan petani dari tujuh kecamatan di Kabupaten Bombana berkumpul di kantor Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Poleang Timur. Mereka mengikuti Promosi Hasil Litbang BATAN Bidang Pertanian kerjasama BATAN dengan Komisi VII DPR RI. Kegiatan ini diinisiasi oleh Rusda Mahmud, anggota DPR RI komisi VII dari Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada kesempatan ini dilaksanakan demplot percontohan varietas Sidenuk di lahan Balai Penyuluhan Pertanian Kab. Bombana, serta diserahkan 200 Kg benih untuk disebarkan di lahan seluas 8 Ha.

(Tangerang Selatan, 31/03/2021) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Rekayasa Fasilitas Nuklir (PRFN) menggelar Focus Group Disscussion (FGD) Nasional secara daring terkait kegiatan pembuatan Sistem Pemantau Radiasi untuk Keselamatan dan Keamanan (SPRKK), rabu (30/03). FGD ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan yang terlibat dalam kegiatan pembuatan SPRKK sehingga dapat mensinergikan tahapan-tahapan proses penyelenggaraan PRN.

Dalam FGD ini dihadiri oleh perwakilan BATAN, BAPETEN, BMKG, PT. Len dan dimoderatori oleh Dr. I Putu Susila. Untuk tahun ini SPRKK memili 6 WBS yakni WBS 1 Sistem Informasi SPRKK Skala Nasional, WBS 2 Model Radiasi di Lingkungan, WBS 3 Deteksi Zat Radioaktif, WBS 4 Kajian peraturan, WBS 5 Metereologi, WBS 6 Standarisasi. Oleh karena itu masing perwakilan tersebut memaparkan perkembangan, usulan team tahun 2021 dan konsep sesuai WBS yang telah disepakati Bersama.

 

SPRKK merupakan sebuah system yang terintegrasi yang terdiri dari Radiation Portal Monitor (RPM), Monitor Lingkungan dan meteorology yang dikelola secara nasional dan bertujuan untuk mendeteksi suatu radiasi yang berada di lingkungan atau suatu barang sehingga menjamin keamanan dan keselamatan seluruh masyarakakt Indonesia. SPRKK untuk tahun ini lebih focus ke RPM, Monitor Lingkungan, Lab Prototipe Simulasi data meteorology yang berskala nasional sesuai standar, layak industry, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, ujar Kristedjo pada saat pembukaan FGD Nasional Sistem Pemantauan Radiasi untuk Keselamatan dan Keamanan.

 

Harapannya setelah mengadakan FDG Nasional SPRKK ini kedepannya kerja sama dan kordinasi masing-masing WBS kegiatan berjalan lancar sehingga target tahun ini yang sudah ditentukan dapat tercapai dan pertemuan kordinasi selanjutnya dapat melibatkan Pejabat Tinggi Pratama (PTP) masing-masing perwakilan, ujar Kristedjo. (FPP)