PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

Bogor (14/02/2019); 100 Petani Sayur Bogor yang hadir pada kegiatan Sosialisasi Hasil Litbang BATAN Bidang Pertanian akan memanfaatkan Fitosan pada tanamannya. Fitosan adalah produk litbang BATAN yang berfungsi sebagai growth promotor pada tanaman. Fitosan yang berbahan dasar oligo chitosan atau kulit udang dapat mempercepat pertumbuhan tanaman, memperbesar buah serta memperbanyak hasil produksi tanaman.

Bertempat di Aula Setia Bakti, Cipaku, Kota Bogor, Kamis (14 Februari 2019) selain para petani sayur, hadir pula anggota DPR-RI Komisi VII Joko Purwanto, Plt Kepala BATAN Falconi Margono, Kepala BP Ferly Hermana dan Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor Irwan Riyanto mewakili walikota Bogor.

Irwan Riyanto menyatakan pihaknya selalu menerima dengan tangan terbuka siapapun yang dating ke kota Bogor, apalagi dari para peneliti yang membawa hasil-hasil penelitian untuk dapat dimanfaatkan langsung masyarakat seperti BATAN. Ia juga mengungkapkan sampai saat ini sebagian besar petani masih cenderung termasuk petani miskin. Di Bogor sendiri menurutnya banyak petani penggarap lahan milik perusahaan.

Sementara itu anggota DPR RI Joko Purwanto mengatakan perhatian pemerintah terhadap pertanian sangat besar. Nilai ekonomis bisnis pertanian menurutnya memiliki tantangan yang sangat besar. Menurutnya problem yang terjadi di setiap daerah adalah pembangunan pada sektor real di luar pertanian seperti terjadinya alih fungsi lahan. “Perlu adanya interaksi lintas sektoral pemerintahan, seperti saat ini BATAN dengan Kota Bogor” demikian ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Plt Kepala BATAN Falconi Margono mengungkapkan petani adalah pahlawan-pahlawan pangan yang nyata. “Kita yang hidup di kota seperti Jakarta tidak akan bisa makan sayur dan buah-buahan jika tidak ada para petani Bogor” imbuhnya. Falconi juga menyatakan BATAN bermitra dengan DPR-RI untuk terus berkomitmen mengembangkan hasil-hasil riset untuk masyarakat.

Pada kegiatan tersebut disampaikan pemaparan tentang Fitosan dan cara penggunaan yang efektif pada tanaman oleh Peneliti Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi Darmawan Darwis. Salah seorang peserta Dadang mengatakan tertarik dan akan mencoba memanfaatkan Fitosan di kebun Durian miliknya (eph)