PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 05/03/19). Sebanyak 82 siswa-siswi SMA IT AN Nawawi Al Bantani Kabupaten Bogor berkunjung ke Gedung Perasten, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Jakarta, pada hari Selasa, 5 Maret 2019. Kunjungan ini dihadiri oleh rombongan yang terdiri dari siswa, guru pendamping dan ketua rombongan.

Abdul Aziz, Ketua rombongan SMA IT AN Nawawi Al Bantani, menyatakan bahwa kunjungan para siswa kelas 10 ini dimaksudkan agar mereka dapat belajar secara langsung mengenai nuklir dan pemanfaatannya, sekaligus untuk lebih mendalami materi yang telah diberikan oleh guru di sekolah. Pada pertemuan yang berlangsung siang hari tersebut, diberikan penjelasan mengenai pengertian nuklir dan radiasi, radiasi yang ada di sekitar kita, jenis radiasi dan sifatnya, aplikasi teknik nuklir serta pro dan kontra PLTN. Selama pemberian materi, pertanyaan yang dilontarkan oleh beberapa siswa cukup beragam seperti bagaimana bentuk nuklir, bentuk uranium seperti apa, dan limbah nuklir itu disimpan dimana.

Antusiasme siswa dan guru terlihat cukup tinggi, karena selain pemberian materi, Petugas Layanan Informasi BATAN juga menghadirkan games ranking satu yang dikemas secara menarik dan berhadiah. Dengan adanya kegiatan kunjungan seperti ini, Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, PDK – BATAN, Adipurwa Muslich, berharap siswa dan guru dapat memahami manfaat teknologi nuklir untuk masyarakat dan cara mengatasi risikonya. (astu)