PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Cilegon, 19/06/19). Masih dalam rangkaian program Interkoneksi SIMPONI dengan eLIRA, Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN menyelenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Limbah Radioaktif untuk Industri dan Rumah Sakit, yang berlokasi di Sari Kuring Indah Hotel, Cilegon, Rabu (19/06). Kepala Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN, Husen Zamroni, pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengomunikasikan semua aktivitas kegiatan pelayanan yang ada di BATAN dan mensosialisasikan sistem online integrasi SIMPONI dengan eLIRA kepada para pelanggan jasa layanan BATAN. Pelayanan terintegrasi ini akan mempersingkat durasi proses administrasi dan memastikan proses pembayaran yang dilakukan pelanggan akan secara otomatis dan transparan masuk ke kas negara.

Dalam kegiatan Workshop Pengelolaan Limbah Radioaktif untuk Industri dan Rumah Sakit ini, Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN juga turut serta berpartisipasi dengan mendirikan stand pameran layanan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) BATAN yang meliputi layanan pendidikan, pelatihan petugas proteksi radiasi, pelatihan radiografi Industri dan sertifikasi person, analisis bahan dengan Analisis Aktivasi Neutron, difraksi sinar X, Particle Size Analyzer, Vibrating Sample Magnetometer. Selain itu juga ada layanan uji kalibrasi, jasa industri dan lingkungan seperti investigasi tak rusak dan diagnosis, layanan pengolahan limbah radioaktif serta layanan iradiasi gamma dan produk - produk teknologi nuklir lainnya contohnya pangan iradiasi siap saji, kitosan iradiasi, benih varietas unggul tanaman pangan, amniotic membrane, tulang steril iradiasi yang berasal dari sapi (FDBX) atau manusia (FDBA).

Peserta workshop cukup antusias dalam menggali informasi mengenai layanan PNBP yang ada di BATAN. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan umumnya seputar prosedur layanan, kalibrasi, sertifikasi dan diklat proteksi radiasi yang dilaksanakan oleh BATAN. Para peserta  yang hadir berasal dari berbagai perusahaan dan instansi pemerintah seperti PT. Pertamina RV VI Dumai, PT. Pindad, RSUP Sanglah, RSUP Fatmawati, PT. Pupuk Kaltim, PT. Mitsubishi, PT. Semen Indonesia, PT. Good Year, PT. Krakatau Steel, dan PT. Timah Tbk. (astu)