PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 02/10/19). Puluhan siswa siswi dan guru Saint John’s Catholic School BSD Serpong, Tangerang, melakukan nuclear trip ke Kawasan Nuklir Pasar Jumat pada hari rabu (02/10). Kedatangan rombongan sekolah katolik elit tersebut disambut hangat oleh petugas layanan informasi yang berada di Pusat Diseminasi dan Kemitraan  BATAN (PDK BATAN).

Kunjungan pelajar kelas 11 sains IPA Saint John’s Catholic School diikuti oleh 66 siswa dan siswi bersama guru pendamping mereka. Rombongan yang dipimpin Wakil Kepala Sekolah Saint John’s Catholic School Mr. Johny, diterima secara langsung oleh perwakilan Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, Lilis Suryani. Dalam sambutannya, Mr. Johny mengungkapkan apresiasinya kepada BATAN atas diterimanya kegiatan nuclear trip ini sebagai bagian dari program rutin tahunan Subject Trip Saint John’s Catholic School. “Subject Trip adalah kegiatan tahunan dimana selama satu hari para siswa akan belajar diluar kelas sesuai dengan materi yang telah mereka dapatkan. Pada kesempatan ini, kami berkunjung ke BATAN sebagai subject trip dari materi pelajaran radioaktivitas. Dengan adanya trip ini, siapa tahu diantara siswa kami kelak ada yang berminat untuk terjun dalam dunia sains” tutur Johny.

Selain mendapatkan materi mengenai iptek nuklir, para siswa juga berkunjung ke ruang peragaan sains dan teknologi nuklir di PDK untuk melihat diorama proses penambangan uranium, sejarah berdirinya BATAN, maket PLTN, infografis proses pengolahan limbah radioaktif, serta beberapa contoh produk hasil litbang BATAN. Siswa juga berkesempatan untuk mencoba fasilitas VR (virtual reality) reaktor GA Siwabessy Serpong, serta mengukur besarnya radiasi pada sejumlah benda-benda radioaktif yang ada disekitar seperti bentonite dan sinter dengan  menggunakan detektor radiasi. Salah satu guru pendamping mengungkapkan sukacitanya dengan kegiatan nuclear trip kali ini yang merupakan pertama bagi sekolah mereka setelah sebelumnya lebih banyak menggelar subject trip di beberapa industri dan instansi lain misalnya Kementerian Luar Negeri dan Bursa Efek Jakarta. (astu)