PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 15/10/19). 46 siswa kelas IV SD Ar Rahman Islamic School Cinere, Jakarta Selatan, melaksanakan kunjungan edukatif (outing class) ke Kawasan Nuklir Pasar Jumat BATAN, pada Selasa (15/10). Outing class merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas secara berkelompok menuju objek edukatif yang berada di lingkungan luar sekolah.

Perwakilan SD Ar Rahman Islamic School, Ianatun Nihayah menyatakan, kegiatan outing class ke BATAN kali ini bertujuan agar para siswa dapat belajar mengenai apa itu nuklir dan tahu akan kegunaannya. "Outing class ke BATAN ini bukan pertama kali bagi kami, sebelumnya kami pernah melakukan kegiatan yang serupa untuk kelas yang berbeda” tutur Nihayah. Rombongan siswa diterima oleh perwakilan Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, Lilis Suryani.

Dalam kunjungan siswa SD Ar Rahman Islamic School tersebut, diputar film tentang petualangan nusaki, yang bercerita mengenai radiasi dan manfaat nuklir di sekitar kita. Materi ringan mengenai iptek nuklir juga diberikan kepada siswa. Pada akhir kegiatan, siswa diperbolehkan untuk mengunjungi ruang Perasten di Pusat Diseminasi dan Kemitraan. Siswa pun berkesempatan untuk menjajal fasilitas 3D interaktif Augmented Reality (AR) PLTN, AR Iradiator dan AR radiofarmaka, melalui aplikasi handphone. Fasilitas Augmented Reality interaktif ini terbukti mampu menarik minat siswa sekolah dan memudahkan mereka dalam memahami aplikasi teknologi nuklir secara riil. Dengan cara ini kegiatan edukasi iptek nuklir pun menjadi lebih efektif. (astu)