PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

(Jakarta, 24 Februari 2015). Dalam rangka memberikan cakrawala berpikir mengenai teknologi nuklir, MAN Babakan Lebaksiu Kabupaten Tegal berkunjung ke Gedung Perasten, Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) BATAN di Kawasan Pasar Jumat Jakarta Selatan.

Peserta terdiri dari 160 siswa dan 7 orang guru pendamping. Kepala MAN Babakan Lebaksiu, Imam Syafi’i berharap kunjungan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang nuklir yang masih identik dengan sesuatu yang membahayakan. “Dari materi kunjungan ini, siswa mendapat pemahaman tentang teknologi nuklir dan dapat memberikan apresiasi yang lebih sehingga anak – anak kami bisa menjadi lebih paham bagaimana pengembangan teknologi yang lebih baik untuk bangsa ini”. Kata Imam Syafi’i, dalam sambutannya.

Kepala Sub Bidang Edukasi Publik, PDK, Dimas Irawan, S.Si mengatakan kunjungan ini dapat memberikan cakrawala baru tentang nuklir bagi generasi muda. “Kalau selama ini teman-teman melihat nuklir atau mendengar nuklir dari sisi yang lebih negatif, mudah – mudahan dari kunjungan pada hari ini teman-teman melihat dari sisi lain”, katanya

Teja Kiswanto salah satu Petugas Layanan Informasi (PLI) BATAN, memaparkan materi tentang Pengenalan Radiasi. Dalam materi yang disampaikan, disebutkan bahwa Indonesia termasuk 13 negara terbaik dalam pemanfaatan teknologi nuklir. Pada bulan September 2014, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi - BATAN telah mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh FAO dan IAEA dalam bentuk Outstanding Achievemnet Award karena dedikasinya dalam pengembangan dan penerapan teknologi nuklir secara terus-menerus.

Selain itu terlihat semangat yang luar biasa dari para siswa dan guru dalam mengikuti kunjungan tersebut, Hal ini terlihat dari pertanyaan yang dilontarkan kepada para narasumber, sehingga para narasumber pun semangat dalam memberikan penjelasan kepada para siswa. Diharapkan dari kunjungan tersebut, siswa dapat dapat memahami tentang pemanfaatan teknologi nuklir di berbagai bidang. (Trisni – PDK)