WBK

Penyimpangan? Awasi, Amati, Laporkan

Jangan tunda, Lapor jika anda mengetahui Korupsi, Gratifikasi, Fraud dan Pelanggaran Kode Etik. Laporkan ke inspektorat@batan.go.id

Portal SIMLIN

Sistem Informasi Manajemen Litbangyasa Iptek Nuklir, Layanan aplikasi Online untuk pegawai BATAN...

Selengkapnya...

Jurnal Atom Indonesia

WINNERS OF "ATOM INDONESIA BEST PAPER AWARD 2014"

ATOM INDONESIA is one of the most highly reputed scientific journals in Indonesia. It is an open access international peer - reviewed journal...

Selengkapnya...
gedung 90

Gedung Manajemen

Selengkapnya...

(Serpong, 06/04/2021) Klinik BATAN Kawasan Nuklir Sepong (KNS) selalu rutin mengadakan acara Bincang Kesehatan, topik yang diangkat kali ini adalah Makananku Kesehatanku. Acara diadakan secara daring dan diikuti oleh pegawai BATAN dengan jumlah sekitar 150 orang.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN), Budi Prasetyo dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh rekan yang bertugas di Klinik BATAN KNS karena di tengah kesibukan menyiapakan acara vaksinasi covid 19 yang ke-2 di KNS masih sempat menyelenggarakan acara ini. Acara Bincang Kesehatan ini dikemas secara santai jadi kepada seluruh peserta silahkan dimanfaatkan untuk saling berdiskusi dan berbagi pengalaman, ujarnya.

Sebagai moderator dr. Leonardo Sitanggang mengawali acara Bincang Kesehatan ini dengan memaparkan data hasil pemeriksaan berkala pegawai di KNS tahun 2020 dengan 3 kasus terbanyak yaitu obesitas (51, 24%), hipertensi (30,62%), dan hiperglikemi (30,12%). Materi kali ini dipilih untuk menyingkapi hasil pemeriksaan tersebut, tambahnya.

Narasumber Bincang Kesehatan dr. A Firmansah, SpGK, MKes menjelaskan materi secara jelas dan menarik, sehingga seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara hingga selesai. Selama kurang lebih dua jam beliau memaparkan presentasi kepada seluruh peserta, dan acara Bincang Kesehatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab. (rmnsrmn)

(Tangsel, 01/04/2021) Pusat Pendayagunaan Informasi dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar sosialisasi Wajib Serah dan Wajib Simpan Data Ilmiah Primer secara virtual, Selasa (30/03). Sosialisasi ini merupakan wujud dukungan BATAN terhadap kebijakan wajib serah dan wajib simpan data ilmiah primer sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 Pasal 40 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan dalam sambutanya menyampaikan pentingnya melakukan penyimpanan dengan baik terhadap semua data hasil penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan (litbangjirap). “Semua data hasil litbangjirap harus disimpan dengan baik karena bermanfaat untuk melindungi kekayaan intelektual dan inovasi para peneliti yang terdahulu yang dikenal dengan menggunakan log book yang harus disimpan dan diperlihatkan pada saat akan mendaftarkan paten,” kata Anhar.

Dalam kontek manajemen pengetahuan nuklir yang saat ini menjadi salah satu program penting bagi BATAN, menyimpan semua data hasil penelitian dapat digunakan oleh para peneliti yang lain untuk mengatasi kesenjangan kompetensi dan pengetahuan antara pegawai senior dengan junior. Selain itu dari sisi kearsipan, kewajiban menyimpan data ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap badan publik sebagai bentuk pertanggungjawaban atas semua pekerjaan yang telah dilakukan dengan menggunakan anggaran dari pemerintah.

“Oleh karena itu, melalui forum ini kita dapat memperoleh pencerahan bagaimana mengimplementasikan regulasi ini bukan hanya bagi peneliti, pranata nuklir, perekayasa dan lainnya tetapi juga bagi BATAN sebagai organisasi,” harap Anhar.

(Jakarta, 25/03/2021) Pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di Kawasan Nuklir Serpong hari ini berkesempatan mendapatkan Vaksin Covid 19 dosis pertama, Vaksinasi bisa terselenggara atas kerja sama BATAN dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan dan PKM Kranggan. “Pada periode pertama Vaksinasi  Covid 19 di Kawasan Nuklir Serpong, sebanyak 500 orang pegawai dari total 1200 pegawai Batan di Kawasan Nuklir Serpong tervaksinasi. Sisanya diharapkan dapat segera tervaksinasi menunggu kesediaan vaksin di Dinas Kesehatan Tangsel,” jelas Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, yang turut hadir pada pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 di Kawasan Nuklir Serpong.

(Serpong, 04/02/2021) Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN) tepat berusia 7 tahun pada tahun 2021. Acara HUT PPIKSN kali ini berbeda dari biasanya, karena diadakan secara daring sehingga walaupun di tengah pendemi tetap dapat diikuti oleh seluruh pegawai baik yang sedang Work From Office (WFO) ataupun Work From Home (WFH).

Kepala PPPIKSN, Roziq Himawan dalam sambutannya mengatakan “Walaupun dalam kondisi keterbatasan namun kita masih bisa melaksanakan acara HUT ini secara daring. Terimakasih kepada panitia khususnya meskipun hanya punya waktu kurang dari 10 hari bisa merencanakan dan melaksanakan event yg sangat penting ini dan terlaksana dengan baik. Acara ini diadakan dengan gotong royong, dari kita dan untuk kita semuanya, dan ini tentu menggembirakan bagi kita semua”

(Jakarta, 25/11/2020) “International Nuclear Information System (INIS) merupakan sebuah platform sumber informasi yang sangat penting, INIS memudahkan kita untuk memperoleh informasi sebanyak – banyaknya mengenai iptek nuklir dalam satu wadah. Sangat baik untuk dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang ingin mengetahui tentang iptek nuklir, maupun teman – teman peneliti, perekayasa dan semua yang melakukan riset didalam iptek nuklir,” ungkap Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Anhar Riza Antariksawan saat membuka webinar International Nuclear Information System (INIS) dan Literasi Iptek Nuklir Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh BATAN, Rabu (25/11).