Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2020 : 3,57

IKM / April 2021 : 3,59

IPAK 2020 : 13,68

IPAK / April 2021 : 13,50

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 05/10/2021)  Dalam rangka Pengesahan Standar Pelayanan Publik Reaktor G.A Siwabessy, DPFK telah menyelenggarakan sosialisasi melalui media daring dan tatap muka yang di hadiri oleh perwakilan Universitas,Sekretaris Kecamatan Setu, Komunitas Nuklir Nasional dan  manajemen dan pegawai DPFK khususnya para koordinator, serta para penanggungjawab kegiatan tahun 2021. Sosialisasi diselenggarakan sebagai salah satu bentuk komitmen DPFK untuk melaksanakan Standar Pelayanan Publik Reaktor G.A Siwabessy yang merupakan salah satu langkah awal penguatan kualitas pelayanan publik dalam  mendukung program zona integritas Wilayah Birokrasi Bebas dan Melatyani.

Untuk menunjang kegiatan menuju Wilayah Birokrasi Bebas dan melayani ( WBBM ) dan Pelayanan Publik yang prima peran masyarakat atau pemangku kepentingan sangat diperlukan. Masyarkat diminta berpartisipasi aktif juga untuk melaksanakan pemantauan, penilaian dan memberikan masukan untuk perbaikan dalam hal membuat kontrak kinerja yang jelas dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan apakah telah sesuai dengan apa yang tertera dalam kontrak kinerja dimaksud. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan untuk memberi kepuasan kepada pemangku kepentingan.

 

(Serpong, 5/10) Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu jenis layanan Reaktor Serba Guna GA Siwabessy (RSG-GAS). Meskipun kini Reaktor RSG-GAS berada di Departemen Pengeloaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) Badan Riset dan Inovasi Nasinal (BRIN), namun operasional pelayanan kepada masyarakat tetap dilakukan seperti baiasanya. Seperti pada hari  Senin 4 Oktober 2021 RSG-GAS kembali menerima mahasiwa KKL dari Teknik Kimia Institusi Pertanian Bogor (IPB). Selama situasi pandemi covid-19, RSG-GAS belum dapat menerima kunjungan edukasi secara fisik, sehingga  kunjungan kemarin dilakukan secara virtual online.



(Serpong, 30/08/2021) Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) telah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Reaktor Serbaguna G.A.Siwabessy (RSG-GAS) setelah menjalani PKL selama lebih kurang dua bulan. Acara penutupan PKL Online dilaksanakan setelah para mahasiswa selesai mempresentasikan laporan PKL nya secara online di ruang zoom meeting.

(Serpong, 16/09/2021) Situsasi pandemi Covid-19 mulai menurun, namun berkumpul dengan banyak orang masih belum diperbolehkan. Reaktor RSG-GAS yang saat ini berada di bawah Direktorat Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), tetap menjalankan pelayanan prima salah satunya menerima Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan PKL sekarang belum dapat terjun langsung ke lapangan, sehingga kegiatan sementara ini hanya bisa dilakukan secara daring. Namun RSG-GAS tetap mengupayakan agar Mahasiswa yang melakukan PKL mendapat pengalaman yang sama seperti kenyataan di lapangan. Seperti penyampaian materi dari beberapa staf ahli di RSG-GAS, dan beberapa video dokumentasi pekerjaan di dalam reaktor. Antusiasme para mahasiswa dari berbagai Universitas yang akan melakukan PKL di RSG-GAS tidak surut, walaupun keadaan memaksa mereka harus melakukan Praktik Kerja secara online. Hal ini terlihat seperti di hari ini Kamis 16 September 2021, RSG-GAS baru saja menyambut Mahasiswa PKL dari beberapa universitas seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) dan Universias Atmajaya Indonesia.

(Serpong, 15/09/2021) Memperingati Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Reaktor Serba Guna - BATAN yang saat ini berganti nama menjadi Direktorat Pengelolaan dan Fasilitas Ketenaganukliran – BRIN menggelar Temu Pelanggan secara daring.

“Temu pelanggan ini bertujuan untuk menyampaikan standar pelayanan publik DPFK, serta menjelaskan pemanfaatan Reaktor G.A Siwabessy. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari pelanggan Reaktor G.A Siwabessy mengenai apa saja yang di butuhkan oleh pelanggan. Kegiatan ini merupakan bentuk keterbukaan, interaksi dan sosialisasi dengan pengguna layanan publik kami,” ungkap Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas Reaktor G.A Siwabessy  – BATAN, Dicky Tri Jatmiko, M.T, melalui Zoom Meeting, Rabu (15/09).







Visitor Counter

Flag Counter