Slide item 5
Slide item 1

Pusat Reaktor Serbaguna (PRSG)

Dibangun untuk mendukung sarana penelitian dan pembuatan radioisotop

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

Dalam ruang inilah sistem operasi reaktor dikendalikan

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

Slide item 6

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2018 : 3,47

IKM / November 2019 : 3,58

Jumlah Laporan Pengaduan / November 2019 : 0

(Serpong, 27/01/2020) Salah satu instrumen seifgard yang digunakan IAEA (International Atomic Energy Agency) untuk memonitoring operasi reaktor bahwa reaktor dioperasikan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati di PRSG (Pusat Reaktor Serba Guna) BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) adalah ATPM (Advance Thermo-hydraulic Power Monitor). Alat ini sudah terpasang di PRSG sejak tahun 1997, upgrade pertama dilakukan tahun 2003. Selama 23 tahun ini, baru dilakukan perbaikan kembali pada 23 hingga 25 Januari kemarin. Perbaikan dilakukan bertujun untuk menjaga performa ATPM agar berjalan memonitoring operasi reaktor dengan baik.

(Serpong, 24/01/2020) Peningkatan kinerja reaktor serba guna G.A Siwabessy merupakan suatu tantangan tersendiri yang dilakukan oleh Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) untuk melayani masyarakat indonesia dalam memanfaatkan ilmu ketenaganukliran khususnya yang dihasilkan oleh reaktor. Tantangan tersebut timbul karena umur sruktur sistem dan komponen (SSK) reaktor yang sudah mengalami penuaan (33 tahun semenjak diresmikan), sehingga dibutuhkan kajian dan revitalisasi SSK untuk dapat memperpanjang izin operasi reaktor G.A Siwabessy.

(Serpong, 15/01/2020) Kepala Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Ir. Yusi Eko Yulianto mengundang para millenials PRSG untuk menghadiri acara Pemberian Motivasi Kerja Pegawai Baru, yang diadakan di Ruang Rapat Siwabessy PRSG, Rabu (15/01). Acara tersebut dihadiri para millenials yang merupakan CPNS PRSG angkatan 2018 dan 2019. 

Acara yang dikhususkan untuk pegawai baru ini berlangsung hangat tanpa ada rasa canggung dari peserta dan Kepala PRSG. Dalam membuka acara tersebut, Yusi menyampaikan sambutan dan mengucapkan terima kasih kepada peserta yang hadir, dan memperkenankan peserta untuk memperkenalkan diri.

(Serpong, 14/01/2020), Memasuki tahun anggaran baru (2020), setiap unit kerja Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) diwajibkan menetapkan target kinerja yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Penetapan kerangka kinerja Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) BATAN telah ditetapkan oleh top manajemen BATAN beserta Yusi Eko Yulianto (kepala PRSG), yang selanjutnya di sosialisasikan kepada seluruh pegawai PRSG terutama ke pejabat fungsional madya dan utama di PRSG.

(Serpong, 14/01/2020), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu instansi pemerintah memiliki suatu kewajiban terkait akuntabitas terhadap setiap kegiatan yang telah dilakukan sebagai pertanggungjawaban terhadap masyarakat. Dalam rangka memenuhi akuntabilitas tersebut, Inspektorat-BATAN sebagai unit kerja yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan internal terhadap seluruh unit kerja yang berada di BATAN, melakukan kegiatan audit ke seluruh unit kerja dan dilakukan secara berkala (2 kali dalam setahun), dengan memeriksa seluruh dokumen teknis maupun non teknis dari setiap kegiatan-kegiatan, salah satunya audit ke Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG).




Visitor Counter

Flag Counter