Slide item 5
Slide item 1

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

Slide item 6

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Januari 2020 : 3,38

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Januari 2020 : 13,79

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Januari 2019 : 2

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

(Serpong, 14/01/2020), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu instansi pemerintah memiliki suatu kewajiban terkait akuntabitas terhadap setiap kegiatan yang telah dilakukan sebagai pertanggungjawaban terhadap masyarakat. Dalam rangka memenuhi akuntabilitas tersebut, Inspektorat-BATAN sebagai unit kerja yang memiliki tugas untuk melakukan pengawasan internal terhadap seluruh unit kerja yang berada di BATAN, melakukan kegiatan audit ke seluruh unit kerja dan dilakukan secara berkala (2 kali dalam setahun), dengan memeriksa seluruh dokumen teknis maupun non teknis dari setiap kegiatan-kegiatan, salah satunya audit ke Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG).

Inspektorat melakukan audit di PRSG mulai dari kemarin (13/01) hingga 20 hari kedepan, dengan di awali rapat pembukaan audit telah dilaksankan pada bulan Desember 2019 lalu. Dalam pelaksanaan audit kali ini, kemarin tim inspektorat yang terdiri dari 9 orang dan di ketuai oleh Ririn menjelaskan bahwa “pelaksanaan audit di PRSG baru dapat dilaksanakan hari ini dan akan di bagi menjadi 2 kelompok besar yaitu, pemeriksaan terkait dokumen keuangan, dan pemeriksaan terkait kepegawaian”. Cahyana (Plt. Kepala Bagian Tata Usaha PRSG) menjelaskan “PRSG akan mempersiapkan data-data yang di inginkan oleh Inspektorat dalam pelaksanaan kegiatan audit agar dapat berjalan dengan lancar” 

Audit Inpektorat kali ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2019 pada seluruh unit kerja di BATAN. Pelakasanaan audit di PRSG dilaksanakan di ruang rapat Baiquni PRSG dan dihadiri oleh seluruh penanggung jawab kegiatan PRSG. (agiyo)




Visitor Counter

Flag Counter