Slide item 5
Slide item 1

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

Slide item 2

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Slide item 3

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Slide item 4

Teras Reaktor

Slide item 6

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / Januari 2020 : 3,38

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Januari 2020 : 13,79

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / Januari 2019 : 2

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

(Serpong, 14/01/2020), Memasuki tahun anggaran baru (2020), setiap unit kerja Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) diwajibkan menetapkan target kinerja yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Penetapan kerangka kinerja Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) BATAN telah ditetapkan oleh top manajemen BATAN beserta Yusi Eko Yulianto (kepala PRSG), yang selanjutnya di sosialisasikan kepada seluruh pegawai PRSG terutama ke pejabat fungsional madya dan utama di PRSG.

Untuk mensosialisasikan hal tersebut, Yusi mengundang seluruh pejabat fungsional madya dan utama kemarin (13/01) di ruang rapat Siwabessy PRSG. Dalam kesempatan itu beliau menjabarkan point target yang menyangkut dengan tugas dari pejabat fungsional madya dan utama, diantaranya adalah meingkatkan kompetensi pegawai dalam pembuatan karya tulis ilmiah dan menerbitkannya kedalam jurnal ilmiah terakreditasi baik nasional maupun internasional serta usaha untuk meningkatkan predikat PRSG dari wilayah bebas dari korupsi (WBK) menjadi wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Dalam kesempatan ini, ketua redaksi buletin pemeliharaan reaktor nuklir (BPRN) yang merupakan buletin milik PRSG Sutrisno menyampaikan bahwa target tahun ini PRSG akan mengajukan menjadi jurnal akreditasi nasional, sehingga diharapkan karya tulis ilmiah dari pegawai PRSG dapat di terbitkan di BPRN. Menanggapi hal tersebut, Yusi berpesan agar tim redaksi BPRN dapat menguatkan serta memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mengajukan menjadi akreditasi nasional.

Selain itu, untuk meningkatkan predikat WBK menjadi WBBM, PRSG akan melakukan inovasi tekait utilisasi reaktor dengan meningkatkan kerjasama dengan berbagai stakeholder termasuk juga ke bidang akademik. Peningkatan utilisasi ini pun juga akan di tingkatkan kepakaran yang dimiliki PRSG dari ilmu yang dimiliki oleh pejabat fungsional madya dan utama. Dengan demikian pemanfaatan utilisasi reaktor dapat dimanfaatkan oleh pihak luar BATAN dan sosialisasi ilmu ketenaganukliran di Indonesia dapat terselenggara dengan baik. (agiyo)




Visitor Counter

Flag Counter