PUSDIKLAT-BATAN
Slide item 2
Slide item 3

(Jakarta 14/01/2020) Memasuki tahun 2020, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), akan menggunakan fasilitas gedung baru. Revitalisasi Gedung Pusdiklat BATAN yang terletak di Jalan Lebak Bulus Raya No. 49 ini, telah selesai dilaksanakan dan secara resmi sudah dapat digunakan. Peresmian Revitalisasi Gedung Pusdiklat BATAN dilakukan oleh Kepala BATAN Prof. Anhar Riza Antariksawandi Lantai 2 Gedung Pusdiklat, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Selasa (14/01).

Dalam sambutannya, Kepala BATAN menyampaikan rasa sukurnya bahwa pembangunan gedung Pusdiklat ini dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Mengingat banyak yang menyangsikan dari waktu 135 hari yang direncanakan dapat terselesaikan. “Alhamdulillah ternyata bisa terselesaikan, berkat kerja sama yang baik, dan patut kita menyatakan syukur kepada Allah SWT,” ungkap Anhar.

Anhar berharap agar gedung yang baru ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik. Selain itu, dengan diresmikannya Revitalisasi Gedung ini, diharapkan Pusdiklat BATAN dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya, termasuk dalam peningkatan pendapatan negara bukan pajak (PNBP). “Karena jika PNBP meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan dalam mendukung program kerja, maka tidak hanya bergantung kepada DIPA saja, sebagaimana arahan Menristek,” kata Anhar.

(Jakarta, 22/09/2019)  Indonesia melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menawarkan program pelatihan tentang nuklir kepada negara-negara di kawasan Afrika, Asia Pasifik, dan negara berkembang lainnya. Tawaran ini disampaikan BATAN pada side event sidang umum International Atomic Energy Agency (IAEA) ke-63, di Vienna, Austria, Jumat (20/09).

Tawaran pelatihan yang disampaikan Indonesia mengusung tema Nuclear Capacity Building (NuCaB) yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Practical Arrangement antara Indonesia yang diwakili Menristekdikti dan IAEA yang diwakili Dirjen IAEA,  Yukiya Amano pads bulan Februari 2018. Sebagai negara anggota IAEA, Indonesia mendukung kegiatan IAEA terkait pengembangan SDM di negara berkembang lainnya melalui kegiatan Regional Capcity Building Initiative (RCBI) melalui pelatihan atau collaborating center.

Bertempat di Kelas E Lantai IV, Pusdiklat BATAN, Pasar Jumat, Jakarta, diselenggarakan pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Industri Tk. 3 yang berlangsung dari tanggal 28 Januari sampai dengan 8 Februari 2019, yang dilanjutkan dengan Ujian Lisensi BAPETEN pada tanggal 11 Februari 2019. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan personel yang mempunyai kompetensi sebagai Petugas Proteksi Radiasi pada pemanfaatan sumber radiasi dalam industri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bertempat di Kelas F Lantai IV, Pusdiklat BATAN, Pasar Jumat, Jakarta, diselenggarakan pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Industri Tk. 1, Tk. 2 dan Medis Tk. 1 yang berlangsung dari tanggal 22 Januari sampai dengan 8 Februari 2019, yang dilanjutkan dengan Ujian Lisensi BAPETEN pada tanggal 11 Februari 2018. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan personel yang mempunyai kompetensi sebagai Petugas Proteksi Radiasi pada pemanfaatan sumber radiasi dalam industri dan medis sesuai dengan peraturan yang berlaku.