PUSDIKLAT-BATAN
Slide item 2
Slide item 3

(Jakarta, 22/09/2019)  Indonesia melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menawarkan program pelatihan tentang nuklir kepada negara-negara di kawasan Afrika, Asia Pasifik, dan negara berkembang lainnya. Tawaran ini disampaikan BATAN pada side event sidang umum International Atomic Energy Agency (IAEA) ke-63, di Vienna, Austria, Jumat (20/09).

Tawaran pelatihan yang disampaikan Indonesia mengusung tema Nuclear Capacity Building (NuCaB) yang merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Practical Arrangement antara Indonesia yang diwakili Menristekdikti dan IAEA yang diwakili Dirjen IAEA,  Yukiya Amano pads bulan Februari 2018. Sebagai negara anggota IAEA, Indonesia mendukung kegiatan IAEA terkait pengembangan SDM di negara berkembang lainnya melalui kegiatan Regional Capcity Building Initiative (RCBI) melalui pelatihan atau collaborating center.

Bertempat di Kelas E Lantai IV, Pusdiklat BATAN, Pasar Jumat, Jakarta, diselenggarakan pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Industri Tk. 3 yang berlangsung dari tanggal 28 Januari sampai dengan 8 Februari 2019, yang dilanjutkan dengan Ujian Lisensi BAPETEN pada tanggal 11 Februari 2019. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan personel yang mempunyai kompetensi sebagai Petugas Proteksi Radiasi pada pemanfaatan sumber radiasi dalam industri sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bertempat di Kelas F Lantai IV, Pusdiklat BATAN, Pasar Jumat, Jakarta, diselenggarakan pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Industri Tk. 1, Tk. 2 dan Medis Tk. 1 yang berlangsung dari tanggal 22 Januari sampai dengan 8 Februari 2019, yang dilanjutkan dengan Ujian Lisensi BAPETEN pada tanggal 11 Februari 2018. Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan personel yang mempunyai kompetensi sebagai Petugas Proteksi Radiasi pada pemanfaatan sumber radiasi dalam industri dan medis sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Bertempat di Kelas D Lantai IV, Pusdiklat BATAN, Pasar Jumat, Jakarta, diselenggarakan pelatihan Manajemen Pengetahuan Nuklir yang berlangsung dari tanggal 22 sampai dengan 24 Januari 2019. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi: Pengantar NKM, Tata Kelola NKM BATAN, Implementasi NKM di BATAN, Teknologi Informasi dalam NKM, Knowledge Mapping dan Analisis Risiko Hilang Pengetahuan, Evaluasi Maturitas NKM dan Rencana Tindak Lanjut, serta praktikum Knowledge Mapping dan Analisis Risiko Hilang Pengetahuan, dan Pembuatan Program NKM Unit Kerja.