HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

Jakarta (26/08/2015). Dalam rangka mendukung program kegiatan Agro Techno Park (ATP) di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Universitas Musi Rawas (UNMURA) sangat antusias memasukan iptek nuklir ke dalam kurikulum Fakultas Pertanian.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PAIR bersama UNMURA menyelenggarakan workshop di Jakarta, tanggal 24-25 Agustus 2015, membahas tentang rencana kurikulum iptek nuklir di bidang pertanian dan peternakan yang akan diimplementasikan sebagai bahan ajar perkuliahan di Fakultas Pertanian, UNMURA.

Acara tersebut dihadiri oleh 25 peserta terdiri : perwakilan masing-masing bidang di PAIR, perwakilan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat), Pusat Diseminasi & Kemitraan (PDK) dan Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR), sedangkan pihak UNMURA diwakili oleh Sumini, SP, M.Si dan Nenny Wahyuni, SP, M.Si, keduanya dosen pengajar. Workshop tersebut dipimpin oleh Kepala PAIR, Dr. Hendig Winarno, M.Sc dan Kepala Pusdiklat, Dr. Ir. Sudi Ariyanto sebagai moderator.

Hasil dari workshop disepakati bahwa iptek nuklir akan menjadi bagian bahan ajar dalam perkuliahan Program Studi Agroteknologi, Agribisnis dan Peternakan di Fakultas Pertanian, UNMURA. Materi dasar iptek nuklir yang akan diberikan antara lain : Biologi Radiasi, Fisika Radiasi dan Kimia Radiasi, sedangkan materi utama Prodi Agroteknologi meliputi teknik nuklir untuk perlindungan tanaman, teknik nuklir untuk nutrisi tanaman, teknologi pasca panen dan pemuliaan mutasi tanaman. Materi utama Prodi Agribisnis meliputi teknologi pasca panen, pembangunan pertanian berkelanjutan, penyuluhan dan komunikasi inovasi teknik nuklir. Materi utama Prodi Peternakan meliputi teknik nuklir pada nutrisi ternak, teknik nuklir pada kesehatan ternak, teknik nuklir pada reproduksi ternak dan teknologi hasil ternak.