HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Polewali Mandar, 02/12/2015). Bertempat di Ballrom, Hotel Ratih, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyelenggarakan Sarasehan dengan tema Hilirisasi Produk BATAN Bidang Pertanian untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Petani “ (2/12).

Sarasehan ini dibuka oleh Wakil Bupati Polewali Mandar, H.M. Natsir Rahmat, dan dihadiri oleh Kepala BAPPEDA Polewali Mandar, Kepala Dinas Pemda Kabupaten Polewali Mandar, Universitas Muslim Indonesia (Perguruan Tinggi), Kamar Dagang Industri (KADIN), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Balai Pengujian dan Sertifikasi Benih (BPSB), Balai Benih Umum (BBU), Penyuluh, Petani dan Pengusaha Penangkar Benih dan BATAN.

“Dengan program ATP dimana Kabupaten Polewali Mandar dipercaya sebagai salah satu pelaksana, maka hal yang terpenting adalah pola yang harus dikembangkan dan disinergikan semua pihak baik penyuluh, petani dan perangkat lainnya yang harus saling mengisi, mudah-mudahan dengan ilmu iptek dari BATAN dapat dipindahkan ke Polewali Mandar dan kami tahun 2016 siap menanam varietas unggul BATAN sekitar 300 hektare,” kata Wakil Bupati, Natsir Rahmat saat memberikan pidato pembukaannya. 

Disamping bertujuan mengidentifikasi permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan Agro Techno Park (ATP) dan menjaring calon entrepreneur baru dalam pengembangan pemanfaatan produk BATAN secara komersial, dalam kegiatan ini juga dilaporkan hasil kegiatan ATP untuk tahun 2015 (periode 2015-2019). Selain itu, juga untuk menjalin komunikasi yang baik antara BATAN dan pelaksana kegaitan ATP terhadap kendala dan harapan dari kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan keberhasilan pelaksanaan program selanjutnya.

Di akhir sarasehan, ditutup dengan diskusi antar pejabat terkait yaitu BATAN, KADIN, BAPPEDA, BPSB, Petani dan Pengusaha Penangkar Benih dari Kabupaten Gowa.(lilis)