HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

Jkt, 22 Maret 2016. Arsip perlu dikelola, baik itu arsip dinamis maupun arsip statis. Pengelolaan arsip statis perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Karena hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri terutama sebagai dokumen dan kekayaan serta menjadi bukti rekaman sejarah perjalanan bangsa. Pengelolaan arsip khususnya hasil litbang sangat penting bagi kelangsungan penelitian. Oleh karena itu pada tanggal 22 Maret 2016 PAIR mengadakan Sharing of Knowledge tentang penyelamatan dan Pelestarian Arsip Statis BATAN. Sebagai narasumber adalah Tim Jadwal Retensi Arsip. Acara dibuka oleh Plh. Kepala Bagian Tata Usaha PAIR (Romli, S.Si. M.Si.) yang menyampaikan bahwa  pengelolaan arsip khususnya arsip hasil litbang sangat penting dan ini melibatkan para peneliti di PAIR.  Oleh karena itu Workshop ini diadakan terutama untuk para peneliti agar para peneliti mulai berbenah dalam pengelolaan arsip terutama arsip statis , sejak dimulainya penelitian sampai dengan laporan. 

Mengacu pada UU nomor 43 tahun 2009 dan PP nomor 28 tahun 2011,  M. Tamyiz menyampaikan bahwa tujuan diadakan workshop ini adalah sebagai upaya dalam pengelolaan arsip hasil litbang mulai dari terciptanya arsip sampai dengan laporan yang selanjutnya akan diserahkan ke ANRI. Hal ini dikaitkan dengan janji Kepala BATAN untuk menyerahkan arsip statis minimal satu tahun sekali. BATAN merencakanakan menyerahkan arsip statis ke ANRI pada bulan Mei 2016. Acara dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Saepudin Samhadi dengan judul Penyelamatan dan Pelestarian Arsip Statis BATAN, dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup penyerahan arsip statis berupa softcopy dari peneliti PAIR yaitu Dr. Paston Sidauruk dan Ir. Basril Abas kepada tim JRA.