HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jember, 17/05/2016), Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar pelatihan penangkaran benih kedelai di Jember, 17-20 Mei 2016. Pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta yang merupakan wakil dari 3 daerah Agro Techno Park (ATP) yaitu yaitu Polewali Mandar, Musi Rawas dan Klaten, masing-masing 4 peserta.

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi Pusdiklat, Rini Rindayani bertujuan memberikan pengetahuan kepada para calon penangkar benih kedelai tentang sifat dan karakteristik varietas unggul kedelai hasil litbang BATAN. Dalam sambutannya Rini Rindayani menyampaikan agar para peserta pelatihan ini serius mengikuti dan aktif berinteraksi dengan para pengajar sehingga hasil pelatihan ini dapat diterapkan di daerah  masing-masing.  Dengan demikian diharapkan produksi kedelai  akan semakin meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan petani pun semakin meningkat.  

Kegiatan ATP BATAN di daerah merupakan program pemanfaatan hasil litbang pertanian terpadu (PHLPT) berupa pemanfaatan varietas unggul padi dan kedelai, serta teknik nuklir dalam bidang peternakan. Pemanfaatan varietas unggul kedelai diarahkan untuk mendukung kesinambungan penyebaran kedelai sehingga terwujud kemandirian benih di daerah, dimana daerah lokasi ATP dapat menghasilkan benih yang bermutu dan bersertifikat secara mandiri.

Untuk menghasilkan benih kedelai BATAN yang bermutu diperlukan penangkar benih di daerah lokasi ATP yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup, dan diharapkan para peserta pelatihan selanjutnya membagi pengetahuan penangkaran benih kedelai BATAN ke Kelompok Tani di daerah masing-masing.

Varietas kedelai BATAN adalah varietas unggul kedelai nasional dengan berbagai macam keunggulan antara lain produksi tinggi, biji besar, umur super genjah, tahan penyakit karat daun dan bercak daun. Untuk penyebaran ke masyarakat perlu pengetahuan dan keterampilan dari petani penangkar untuk menjaga kemurnian dan standar mutu benih.

Materi pelatihan penangkar benih kedelai ini disampaikan oleh para Peneliti atau Pemulia dari BATAN dan dibantu oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jember.(pair)