HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 15/11/2016) Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bekerja sama dengan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menggelar pelatihan di bidang mutasi dan pemuliaan tanaman di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Senin (14/11).  Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pemuliaan tanaman dengan menggunakan teknologi nuklir. Enam negara dari kawasan Asia Tenggara dan Afrika turut serta dalam pelatihan ini antara lain Myanmar, Nepal, Mongolia, Kamboja, Laos dan Tanzania.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penunjukan Indonesia sebagai pusat kolaborasi oleh IAEA di bidang pemuliaan tanaman. Penunjukkan ini adalah bukti bahwa dunia internasional mengakui penelitian dengan menggunakan teknologi nuklir yang dilakukan oleh BATAN pada bidang teknik mutasi untuk pemuliaan tanaman, adalah yang terdepan dibanding Negara-negara di asia pasifik. Prestasi tersebut didukung dibuktikan dengan pemberian penghargaan “Outstanding Achievement Award on Mutation Breeding” oleh IAEA pada tahun 2014 lalu.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 1 bulan dimana di dalam pelatihan ini peserta akan diajarkan mulai dari mengenai teknik dasar mutasi untuk pemuliaan tanaman dengan menggunakan teknologi nuklir hingga cara mensosialisasikan hasil-hasilnya kepada masyarakat luas.

Selain dari kerjasama internasional bersama IAEA dan negara-negara di Asia Pasifik dan Afrika, BATAN juga bekerjasama dengan Kementerian Pertanian terkait dengan pengambangan hasil-hasil pertanian menggunakan teknologi nuklir yang hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 20 jenis varietas padi hasil dari teknik mutasi pemuliaan tanaman. Untuk kerjasama dengan pihak swasta, BATAN beserta Lippo Grup secara khusus bekerjasama dalam penanganan pasca panen bagi produk tanaman sorghum.  (Adhi)